SMKN 22 Jakarta, Melaksanakan kerja Bakti Masal

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Ungkapan itu mengandung makna bahwa menjaga kebersihan merupakan bukti atau buah keimanan seseorang. Dan kebersihan merupakan sesuatu yang dicintai Allah SWT. Sebagaimana telah disebutkan didalam  Hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR. Tirmizi).

Kandungan hadist diatas menyatakan perintah untuk menjaga kebersihan karena Allah mencintai kebersihan. Untuk mendapatkan cinta Allah upayakan untuk selalu bersih. Minimal ada 3 kebersihan yang harus kita jaga, yaitu: Bersih diri, bersih hati, bersih lingkungan.

Lingkungan yang bersih dan asri menunjang pembelajaran yang kondusip. Dengan bersih, mereka dapat menjalani aktivitas sehari-hari secara aman dan nyaman. Maka dari itu, SMKN 22 Jakarta menggalakkan kerja bakti yang telah dilaksanakan pada hari kamis, 16 Juni 2022, yang mulai dilaksanakan pada pukul 07.00-10.30 WIB. Kegiatan ini telah didukung penuh oleh pihak sekolah yang melibatkan guru, staf Tata Usaha dan semua siswa.

Ibu Dra. Odah Saodah,M.Pd  selaku kepala sekolah menuturkan bahwa Kerja Bakti adalah kegiatan yang memang harus dilakukan  untuk mendukung siswa agar belajar untuk menjaga kebersihan, dan bertanggung jawab terhadap tugasnya disekolah, yang mana bukan hanya belajar saja, namun juga turut serta menjaga lingkungan sekolah disekitarnya agar tetap bersih. Walaupun sudah ada piket kebersihan kelas yang dilakukan setiap hari.

Terlihat Ibu Dra. Odah Saodah, M.Pd sedang membersikan tanaman di lapangan bagian tengah SMKN 22 Jakarta, yang bekerjasama dengan para guru dan beberapa siswa.

Kerja Bakti dilaksanakan oleh semua warga sekolah SMKN 22 Jakarta, dimana seluruh siswa saling bekerja sama menyelesaikan tugasnya masing-masing, teknis pembagian tugasnya kelas X membersihkan lantai atas, sedangkan kelas XI membersihkan lantai bawah, jadi di tuker, karena sementara  ini ruang bawah digunakan untuk KBM bagi kelas X, sedangkan ruang atas digunakan KBM untuk kelas XI, “Ujar salah satu siswa kelas X OTKP yang  bertugas dilantai Atas.

Jadi masing-masing ruangan (tempat) didampingi oleh 1 orang bapak atau ibu guru, mereka  membersihkan tempat tertentu seperti ruangan kelas, ruang perpustakaan, ruang lab komputer, taman Sekolah, taman didepan panggung, ruang kantin dan lain-lain

Dari hasil kerja bakti yang dilakukan oleh SMKN 22 Jakarta, minimal ada  4 Manfaat Menjaga Kebersihan Sekolah, yaitu:

  1. Kerja Bakti juga dapat menumbuhkan semangat solidaritas siswa untuk saling bekerja sama saling bahu membahu untuk menjalankan tugasnya supaya apa yang harus dikerjakan dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan serta juga hasil sempurna.
  2. Melalui kerja bakti ini, juga meminimalisir munculnya wabah penyakit seperti jentik nyamuk yang dapat berakibat pada demam berdarah, maka dari itu kebersihan sekolah haruslah dijaga agar dapat terhindar dari kemungkinana terburuk tersebut.
  3. Lingkungan Menjadi Lebih Rapi dan Nyaman Untuk di Tempati.

Ketika kita memperhatikan tidak menjaga kebersihan dilingkungan kita, maka secara otomatis, kita tidak akan merasa nyaman. Bukan hanya itu, mendekat saja kita merasa enggan. Karena bau yang ditimbulkannya sangat tidak enak. Seperti itulah penilaian orang terhadap lingkungan yang tidak bersih.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jasmani dan Rohani,

Kebersihan adalah modal utama kesehatan jasmani dan rohani. Teringat  kutipan dari puisi Satire yang ditulis indah oleh Decimus Iunius Iuvenalis, seorang penyair dan filosofi Romawi yang berbunyi “Mens Sana In Corpore Sano” atau yang berarti, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Ia menegaskan bahwa manfaat budaya bersih sebuah bangsa mencerminkan kemajuan berpikir bangsa tersebut. Sudut pandang bersih yang sederhana berasal diri kita, lanjut kepada lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Sekolah yang bersih akan mendatangkan energi ketenangan dan kekuatan serta kesehatan, baik itu sehat jasmani maupun rohani.

Dokumentasi kerja bakti

Berikut adalah Video kerja bakti SMKN 22 Jakarta:

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta