BELUM LULUS SISWA SMKN 22 JAKARTA SUDAH DITERIMA KERJA

BELUM LULUS SISWA SMKN 22 JAKARTA SUDAH DITERIMA KERJA

Apakabarnya para pembaca setia ? semoga semua dalam keadaan sehat wal ‘afiyat, lahir dan batin, dan yang sedang menjalankan ibadah Ramadhan semoga semua ibadahnya diterima disisi Allah SWT. Amiin Ya Robbal ‘alamiin,

Pada materi kali ini, penulis ingin mencoba mengangkat tentang salah satu siswa dari jurusan Akuntansi yang sudah diterima bekerja walaupun belum menerima ijazahnya.  Ingin tau lebih jauh? Atau masih penasaran kira-kira siapa ya?  pasti yang jurusan Akuntansi tahun pelajaran 2021-2022  sudah tidak asing lagi, pribadi yang satu ini sangat energik, dan pintar. Baik, ayu silahkan baca tulisan berikut ini sampai selesai ya !. Jangan lupa ya baca doa dulu, biar tulisan yang sederhana ini akan membawa hikmah bagi anda yang membacanya.

Namun sebelumnya kita sama-sama membahas apa sih visi dan program Akuntansi yang ada di SMKN 22 Jakarta? Yang menjadi  Visi Program Kehlian dari jurusan Akuntansi adalah  Menjadi Kompetensi Keahlian Akuntansi Yang Dapat Menghasilkan Tamatan Yang Berakhlak Mulia,Terampil, Kompetitif sesuai dengan Perkembangan Iptek dan Dunia Usaha/Dunia Industri,  sedangkan salah satu Misi untuk Program Kehlian Akuntansi adalah: Menyiapkan tamatan Jurusan Akuntansi yang berakhlak mulia, siap kerja, kompetitif dan profesional, dan Menyiapkan tamatan Jurusan Akuntansi yang menguasai aplikasi akuntansi dan perpajakan.

Adapun penjabaran dari visi dan misi dari  jurusan akuntansi tersebut diatas, hal ini sudah dibuktikan  oleh salah satu siswa berprestasi yang Bernama: Miska Adelia, beliau adalah siswa jurusan akuntansi kelas 12 AKL 2 SMKN 22 Jakarta untuk pelajaran 2021 – 2022. Dia adalah anak pertama dari 3 bersaudara, dimana dia memiliki 2 adik laki-laki. Ayahnya bekerja sebagai kuli bangunan dan ibunya sebagai ibu rumah tangga dan saat ini tinggal di rumah nenek yang beralamat di Jalan Pucung 3, condet Jakarta Timur.  Dahulu saya bersekolah di SDN Balekambang 03 dan SMP Negeri 49 Jakarta.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak  hasil wawancara dengan Miska Adeli, kelas XII AKL 2

Bagaimana pengalaman Anda  belajar di SMKN 22 Jakarta di Jurusan Akuntansi dari kelas  X-XII  ?

Setelah lulus dari SMP saya memutuskan untuk bersekolah di SMKN 22 Jakarta dan mengambil jurusan akuntansi karena saya suka dengan hitungan ditambah ibu merupakan alumni akuntansi SMKN 22 Jakarta. Saya menekuni akuntansi dari kelas 10-12. Walaupun diawal kelas 10 saya merasa sedikit kesulitan belajar akuntansi tetapi lama kelamaan saya menyukainya. Selain sebagai siswa saya mengikuti organisasi osis dan diberikan amanah menjadi Ketua OSIS SMKN 22 Jakarta. Setelah kelas 11 saya PKL di Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban di bagian keuangan. Ketika kelas 12 saya mengikuti olimpiade akuntansi tingkat provinsi dan berhasil mendapatkan Juara ke -2. Setelah itu saya mengikutin ujian sertifikasi profesi akuntansi dan dinyatakan kompeten.

Kapan memiliki niat untuk bekerja di perusahaan, nama perusahaan apa? alamatnya dimana ? dan bergerak dibidang apa dan cabangnya dimana saja ?

Setelah mengikuti Ujian Sekolah saya berniat mengisi waktu luang sebelum pengumuman kelulusan dengan magang di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang  pengurusan industri Asuransi, Perbankan, Pertambangan, Manufaktur dalam hal jasa pengurusan Expatriate dan Manpower Supply yaitu PT Ape Gale Indonesia yang beralamat di jalan Raya Condet No. 4 Balekambang,  Jakarta Timur.

Bagaimana cara anda mendapatkan informasi pekerjaan di perusahaan tersebut?

Saya mendapatkan informasi pekerjaan melalui ibu. Lailatus Sa’adah,M.Pd selaku wakil humas yang menawarkan saya rekomendasi pekerjaan tersebut dibantu oleh Ibu afifah. Sebelumnya saya mendapatkan 3 tawaran pekerjaan yang dimana sama sama dibagian keuangan tetapi saya memilih yang paling terdekat dari SMKN 22 Jakarta karena saya belum dinyatakan lulus sehingga masih bolak balik di SMKN 22 Jakarta.

Bagaimana proses pengalaman ketika di wawancara kerjanya ?

Ketika saya dihubungi ibu. Lailatus Sa’adah,M.Pd saya langsung datang ke kantor tersebut dan melakukan wawancara dengan CEO perusahaan tersebut dengan membawa CV saja. Selama wawancara berjalan dengan sangat baik dan lancar karena saya mungkin terbiasa berorganisasi sehingga mudah ketika menjawab pertanyaan yang diajukan.

Dari hasil wawancara peluang jabatan apa yang ditawarkan yang hanya lulusan SMK saja?

Saat diwawacara di PT Ape Gale Indonesia saya menjabat sebagai Manager keuangan karena saya membuat, mengatur dan mengaudit semua transasaksi keuangan perusahaan tersebut.

Apa yang menjadi motivasi untuk bekerja saat ini ?

Motivasi terbesar saya dalam bekerja adalah dapat mengatasi rintangan dan tantangan perkerjaan ini perusahaan ini, karena bergabung dengan perusahaan ini adalah hal baru,  maklum saya baru lulus dari SMKN 22 Jakarta, dan belum memegang Ijasah, dan juga salah satu motivasia saya adalah dapat mengisi waktu luang saya dengan hal yang bermanfaat.

Bagaimana perasaan anda ketika dinyatakan  diterima diperusahaan tersebut ?

Perasaan yang saya rasakan ketika keterima di perusahaan ini adalah sangat senang dan ada rasa bangga tersendiri terhadap pencapaian saat ini untuk memotivasi diri agar lebih semangat dalam bekerja.

Bagaiman kesan Anda  selama berlajar  di jurusan  akuntansi di SMKN 22 Jakarta?

Saya belajar banyak tentang akuntansi di SMKN 22 Jakarta, pengalaman baru saya dapatkan. Awalnya saya tidak terlalu paham bahkan mungkin tidak tahu tentang akuntansi namun berkat jasa dan kesabaran guru yang telah mendidik saya, alhamdullah saya dapat mengetahui dan merasakan keberhasilan serta kegagalan dalam proses pembelajaran di SMKN 22 Jakarta.

Apa pesan untuk adik kelas Anda tentang belajar akuntansi ?

Pesan yang ingin saya sampaikan untuk adik kelas akuntansi adalah tetap semangat belajar akuntansi walaupun kalian merasa kesulitan, jalanilah dengan penuh semangat hingga kalian menyukainya dan dapat meraih kesuksesan yang gemilang di masa depan.

Apa yang menjadi prinsip hidup & apa  target kedepan yang akan anda raih?

Tanpa Doa, Ridho orang tua, Rihdo guru dan Usaha tanpa kerja keras sama dengan nol, lenyapnya waktu yang sudah termakan dengan kemalasan. Tujuan hidup dalam menentukan target berpengaruh seberapa banyak usaha kita tempuh. Tetapkan targetmu dimulai sekarang dengan rancangan kedepannya. Mulailah tetapkan target sedari masa muda karena waktu tidak bisa diputar kembali.

Apa Motto hidup yang selalu anda pegang sampai saat ini?

Bersyukur atas semua yang telah diberikan oleh Allah SWt, karena setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Demikian kisah salah satu siswa jurusan Akuntasi yang  belum memegang Ijazah kelulusan tapi sudah diterima di perusahaan yang bergerak di bidang  pengurusan industri Asuransi, Perbankan, Pertambangan, Manufaktur dalam hal jasa pengurusan Expatriate dan Manpower Supply yaitu PT Ape Gale Indonesia,  yang sangat mengembirakan adalah jabatan yang diterima adalah sebagai Manager Keuangan, ini merupakan prestasi yang pantastik dan gemilang, semoga kisah ini bisa menjadi motivasi, Inspirasi bagi seluruh siswa, untuk selalu belajar, berdoa dan bertawakal kepada Allah Swt, Tuhan yang Maha Esa.

Kata motivasi hidup

Berhenti Menyalahkan Segalanya

“Tindakan menyalahkan hanya akan membuang waktu. Sebesar apapun kesalahan yang Anda timpakan ke orang lain, dan sebesar apapun Anda menyalahkannya, hal tersebut tidak akan mengubah Anda” – Wayne Dyer

“All blame is a waste of time. No matter how much fault you find with another, and regardless of how much you blame him,  it will not change you” – Wayne Dyer

Ambil Risiko, Bermimpi Lebih Besar, dan Berharap Besar

“Ambillah risiko yang lebih besar dari apa yang dipikirkan orang lain aman. Berilah perhatian lebih dari apa yang orang lain pikir bijak. Bermimpilah lebih dari apa yang orang lain pikir masuk akal” – Claude T. Bissel

“Risk more than other think is safe. Care more than other think is wise. Dream more than other think is practical. Expect more than other think is possible” – Claude T. Bissell

Kerjakan dengan Lebih dan Sepenuh Hati

Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan” – Napoleon Hill

“The man who does more than he is paid for will soon be paid more than he does” –  Napoleon Hill

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta