Tips Menjadi Siswa Berprestasi Di Sekolah. Kamu Pasti Bisa!

Dokumentasi : 10 Siswa berprestasi dari SMKN 22 Jakarta yang lulus jalus SNMPTN Tahun 2022

Oleh: Miswan (Guru SMKN 22 Jakarta)

Pembahasan kali ini, penulis ingin berbagi ilmu, tentang bagaimana menjadi siswa yang berprestasi ?, mau menjadi siswa berprestasi? Yuk wujudkan dengan pikiran dan tangan kita sendiri (usaha sendiri), karena setiap orang memiliki kesempatan menjadi siswa yang berprestasi. Menjadi siswa yang berprestasi adalah sebuah mimpi dan tujuan mulia bagi semua siswa, untuk itu anda harus memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan hal-hal terbaik. Terbaik untuk diri kita dan orang tua serta terbaik untuk almamater anda yaitu SMKN 22 Jakarta.

Tolak ukur siswa berprestasi biasanya dilihat dari hasil belajar siswa yang memuaskan, misalnya dengan mendapatkan nilai bagus atau meraih rangking di sekolah atau sukses mengikuti Lomba keterampilan siswa (LKS), sampai tingkat Nasional. Selanjutnya tolak ukur lainnya adalah dengan berprestasi di bidang tertentu, seperti olahraga atau seni.

Namun, dalam prakteknya, masih banyak anak  yang sebenarnya memiliki potensi bagus tapi belum tahu bagaimana tips menjadi siswa berprestasi di sekolah. Akhirnya potensi yang ada di dalam dirinya tersebut tidak terasah dengan maksimal.

Agar bisa meraih prestasi terbaik secara akademis maupun non akademis tentu diperlukan dukungan faktor internal dan eksternal. Selain itu siswa juga harus mengetahui bagaimana cara yang tepat dan efektif supaya bisa meraih prestasi terbaik di sekolah. Nah, berikut ini ada beberapa kiat tersendiri agar potensi diri anda bisa dimaksimalkan. Ingin tau lebih lanjut !, silahkan baca tulisan ini sampai habis!

  1. Mampu belajar secara efektif

Kemampuan belajar jika anda ingin berprestasi, anda perlu menguasai skill belajar secara efektif. Jika anda menguasai cara belajar efektif, hal ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebab anda sudah tahu bagaimana cara untuk menguasai sebuah materi pembelajaran dengan cepat. Walhasil, saat ujian maupun ulangan pun anda bisa menyelesaikan soal dengan baik. Mulai saat ini cobalah kuasai bagaimana caranya belajar dengan efektif. Secara tidak langsung anda akan terbiasa, jika terus menerus melatih diri.

  1. Aktif dalam belajar

Indikator dari keaktifan dalam belajar biasanya ditandai dengan aktivitas siswa yang suka atau sering menjawab pertanyaan yang dianjurkan oleh guru. Tak hanya itu,  siswa juga secara aktif bertanya pada guru mengenai hal yang belum dipahami. Bersikap aktif sangat penting agar anda bisa cepat mengetahui materi pelajaran. Dengan sikap aktif, anda pun akan selalu tergerak untuk mencari tahu sebuah materi hingga tuntas. Kebiasaan aktif dalam belajar bisa terbawa hingga nanti anda masuk ke dalam dunia pekerjaan.

  1. Rajin mengerjakan tugas PR

Yang paling berat bagi anda jika ingin menjadi siswa berprestasi, yaitu anda harus rajin mengerjakan tugas dan juga PR (pekerjaan rumah) yang diberikan oleh guru. Jangan pernah berpikir bahwa tugas PR ini adalah beban, namun hal ini bisa anda manfaatkan untuk menjadi nilai tambahan dari nilai-nilai ulangan dan juga ujian. Rajin dan tepat waktu mengerjakan tugas bisa menjadi poin lebih penilaian guru.

  1. Memiliki motivasi yang tinggi

Motavasi adalah hal yang sangat penting, dalam belajar, menjadi siswa berprestasi tentu saja tidak datang dengan sendirinya, oleh karenanya anda butuh motivasi dan dorongan yang tinggi. Hal itu sangat penting agar anda selalu memiliki motivasi yang kuat. Sehingga motivasi tersebut akan menggerakkan anda untuk meraih prestasi tinggi. Anda pun akan berusaha keras untuk mewujudkannya.

  1. Mampu mengatur waktu dengan baik

Managemen waktu adalah hal yang paling utama untuk bisa meraih prestasi, anda harus pandai mengatur waktu dengan baik. Sebagai siswa tentu kegiatan anda tidak hanya belajar, tapi juga banyak kegiatan lainnya seperti bermain, bersosialisasi, hingga membantu orang tua. Dengan pandai mengatur waktu, semua kegiatan anda bisa terselesaikan dengan baik.

  1. Memiliki sikap dan perilaku yang baik

Tatakrama dan sopan santun adalah hal yang sangat penting,  dalam Pada umumnya guru cenderung lebih tertarik dengan siswa yang memiliki sikap dan perilaku yang baik. Mengapa hal ini berpengaruh terhadap prestasi siswa? Karena sikap dan perilaku juga termasuk ke dalam unsur penilaian pendidikan. Oleh karena itu cobalah untuk menjadi siswa dengan sikap dan perilaku yang baik.

  1. Memiliki tekad berprestasi

Tekad untuk mencapai prestasi yang terbaik perlu ditumbuhkan sejak awal karena itulah yang akan melengkapi motivasi dalam diri siswa. Selama siswa memiliki tekad yang besar untuk meraih prestasi maka hambatan apapun dan rasa malas yang datang akan bisa dihalau. Tidak ada salahnya menumbuhkan prinsip bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin dan makin baik lagi dari hari ke hari.

Nah, tips menjadi siswa berprestasi di sekolah seperti yang dijelaskan di atas bisa dilakukan oleh anak dengan dukungan dari orang tua. Jika tips dan kiat tersebut dilakukan secara maksimal bukan tidak mungkin prestasi di sekolah akan menjadi semakin bagus.

  1. Taat beribadah

Tak hanya hal-hal akademik saja yang perlu anda persiapkan untuk bisa menjadi siswa berprestasi. Ketaatan dalam beribadah juga penting untuk mendukung kesuksesan belajar, oleh karena itu anda harus taat beribadah agar selalu diberikan kemudahan, kelancaran dan juga kesuksesan dalam menuntut ilmu.

Nah, tips menjadi siswa berprestasi di sekolah seperti yang dijelaskan di atas bisa dilakukan oleh anak dengan dukungan dari orang tua. Jika tips dan kiat tersebut dilakukan secara maksimal bukan tidak mungkin prestasi di sekolah akan bisa terwujud.

Sebagaimana Maqola Arab mengatakan: Man  Jadda Wa Jada (barang siapa yang sungguh-sungguh pasti akan berhasil)

Kata motivasi agar anda menjadi siswa berprestasi

“Teruslah melangkah meski itu pelan karena dengan melangkah akan menjadikan kita semakin dekat dengan tujuan dan prestasi yang diinginkan.”

“Gagal berkali-kali bukanlah hal yang buruk. Kegagalan yang sebenarnya adalah menyerah.”

“Tunjukkan semangatmu kepada orang lain supaya energi positif itu menular kepadanya.”

“Motivasi juara harus kita latih. Motivasi ini dapat memberikan energi positif kepadamu dalam berbagai keadaanmu.”

“Doa tulus orang tua mampu menembus langit dan sangat didengar Tuhan untuk mendoakan kebaikanmu, serta memudahkanmu dalam meraih segala prestasimu ke depannya.”

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta