Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022

Fenomena dekadensi moral generasi muda, ekstrimisme beragama, dan tantangan untuk menggunakan teknologi dan media dalam proses pembelajaran oleh karena itu diperlukan adanya  kegiatan lomba atau kompetisi sebagai sarana efektif aktualisasi pemahaman dan penghayatan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bermuatan Moderasi Beragama dengan memanfaatkan teknologi dan media untuk memunculkan daya kreativitas, menumbuhkan mental bersaing yang sehat, dan mengasah kemampuan analisa-kritis terhadap berbagai fakta sosial yang terjadi di lapangan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi dan media.

Selain itu Perlunya memperbesar skala praktik baik bidang pendidikan agama Islam di sekolah dan daerah dengan pengemasan kegiatan berskala nasional.

Berdaksarkan fakta phenomena tersebut maka Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam menyelenggarakan kegiatan “Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022”. Kegiatan ini diperuntukkan bagi peserta didik SMA dan SMK di seluruh Indonesia. Pelaksanaan Festival PAI SMA dan SMK berlangsung mulai tanggal 1 September hingga 4 November 2022.  Dengan mengangkat tema  “Festival Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA dan SMK Tahun 2022”.

Kata “Festival” diharapkan dapat mengangkat semangat kemegahan dan kemeriahan kegiatan terutama yang terkait dengan inovasi teknologi.

Adapun maksud diadakan kegiatan ini adalah sebagai wahana aktualisasi peserta didik dalam mengembangkan minat, bakat dan kreativitas berbasis teknologi yang bernafaskan Pendidikan Agama Islam.

Tujuan Kegiatan ini adalah:

❖ Meningkatkan motivasi peserta didik agar lebih bergairah untuk mempelajari dan mencintai Pendidikan Agama Islam;

❖ Membangun ruang interaksi digital melalui keterhubungan dan jejaring antar peserta didik;

❖ Menyediakan media pembelajaran PAI berbasis teknologi yang relevan dengan karakteristik peserta didik;

❖ Meningkatkan wawasan, pemahaman dan keterampilan digital di bidang Pendidikan Agama Islam;

❖ Mempromosikan nilai-nilai Moderasi Beragama melalui Media Sosial;

❖ Membekali langkah praktis dalam mengimplementasikan moderasi beragama dalam kehidupan sosial bermasyarakat di lingkungan peserta didik.

Adapun jenis lomba yang dikompetisikan dalam Festival PAI dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Islamic Trending Issues Debate Competition;

2. Islamic Content Creator Challenge on Social Media;

3. Moderasi Beragama Innovation Project.

Sebelum para peserta didik mengikuti perlombaan, para peserta Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 akan mendapatkan materi Coaching dan Mentoring PAI yang dilakukan secara synchronous dan asynchronous berupa materi-materi tentang pengenalan Moderasi Beragama dan wawasan pengembangan bakat minat sesuai kebutuhan peserta didik abad 21.

Ketentuan lebih lanjut, unduh Petunjuk Teknis dibawah ini.

  1. Surat Pemberitahuan (silahkan klik)
  2. persival pai tahn 2022

Pendaftaran terakhir tanggal 14 September 2022

Pendaftaran dan teknis mengikuti lomba silahkan klik link dibawah ini :

https://s.id/festivalpai2022

Sumber:

Pendis.kemenag.go.id

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta