Tips Menjadi Siswa Berprestasi Di Sekolah. Siapa Takut, Kamu Pasti Bisa!

Menjadi siswa siswi yang berprestasi adalah sebuah mimpi dan tujuan bagi semua orang. Namun, dalam prakteknya, hal ini tidak mudah diwujudkan begitu saja. Tolak ukur siswa berprestasi biasanya dilihat dari hasil belajar siswa yang memuaskan, misalnya dengan mendapatkan nilai bagus atau meraih rangking di sekolah. Selanjutnya tolak ukur lainnya adalah dengan berprestasi di bidang  non akademik, seperti olahraga atau seni.  Apalagi belakangan ini  di SMKN 22 Jakarta telah mengikut berbagai macam lomba baik akademik dan non akademik bagi siswa/I dan alhamdulillah sudah membawa prestasi yang bisa mengharumkan nama almamater SMKN 22 Jakarta, nah ini merupakan suatu yang harus diapresiasi oleh sekolah, dan juga sebagai motivasi bagi para siswa/I yang belum memiliki prestasi.

Perlu diketahui bahwa mendapatkan prestasi menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Tidak hanya untuk siswa, orangtua juga pastinya senang jika buah hati berprestasi. Dengan prestasi, siswa bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Minimal akan dikenang dalam sejarah di SMKN 22 Jakarta.

Untuk menjadi pelajar yang berprestasi membutuhkan usaha dan motivasi yang kuat dari dalam diri sendiri . Selain itu, dukungan orangtua pada minat dan bakat anak juga membantu siswa meraih prestasi.  Begitu pulu dukungan bagi para guru dan kepala sekolahnya.

Nah, bagi kalian  yang ingin menjadi siswa berprestasi di sekolah, berikut ini ada beberapa tips yang  bisa kalian terapkan.

  1. Mampu belajar secara efektif

Bagi kalian  yang ingin berprestasi, kalian perlu menguasai skill belajar secara efektif. Jika kalian menguasai cara belajar efektif, hal ini akan memudahkan kalian untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebab kalian sudah tahu bagaimana cara untuk menguasai sebuah materi pembelajaran dengan cepat. Walhasil, saat ujian maupun ulangan pun kalian bisa menyelesaikan soal dengan baik. Mulai saat ini cobalah kuasai bagaimana caranya belajar dengan efektif. Secara tidak langsung anda akan terbiasa, jika terus menerus melatih diri.

  1. Aktif dalam belajar

Keaktifan dalam belajar biasanya ditandai dengan aktivitas siswa yang suka atau sering menjawab pertanyaan yang dianjurkan oleh guru. Tak hanya itu,  siswa juga secara aktif bertanya pada guru mengenai hal yang belum dipahami. Bersikap aktif sangat penting agar kalian  bisa cepat mengetahui materi pelajaran. Dengan sikap aktif, kalian pun akan selalu tergerak untuk mencari tahu sebuah materi hingga tuntas. Kebiasaan aktif dalam belajar bisa terbawa hingga nanti anda masuk ke dalam dunia pekerjaan.

  1. Rajin mengerjakan tugas PR

Kalian harus rajin mengerjakan tugas dan juga PR (pekerjaan rumah) yang diberikan oleh guru.  Jangan merasa beban yang banyak, tapi jadikan sarana melatih dan mengasa skill atau  kemampuan kalian. Usahakan  Rajin dan tepat waktu mengerjakan tugas bisa menjadi poin lebih penilaian guru.

  1. Memiliki motivasi yang tinggi

Mau menjadi siswa berprestasi tentu saja tidak datang dengan sendirinya, oleh karenanya kalian butuh motivasi dan dorongan yang tinggi. Hal itu sangat penting agar anak-anaku selalu memiliki motivasi yang kuat. Sehingga motivasi tersebut akan menggerakkan kalian untuk meraih prestasi tinggi. Kalian pun akan berusaha keras untuk mewujudkannya.

  1. Mampu memanagemen waktu dengan baik

Sebagai siswa tentu kegiatan kalian  tidak hanya belajar, tapi juga banyak kegiatan lainnya seperti bermain dengan teman , aktif di ekstrakurikuler yang kalian minati sebagai ajang melatih kemampuan non akademik kalian, bersosialisasi kepada lingkungan sekitar, hingga jangan lupa untuk membantu orang tua. Dengan pandai mengatur waktu, semua kegiatan kalian bisa terselesaikan dengan baik. Kalian insya Allah semua akan bisa kalian dilaksanakan, sepanjang memiliki manageman waktu yang tempat.

  1. Memiliki sikap dan perilaku (etika) yang baik

Pada umumnya guru cenderung lebih tertarik dengan siswa yang memiliki sikap dan perilaku (akhlak) yang baik. Mengapa hal ini berpengaruh terhadap prestasi siswa? Karena sikap dan perilaku juga termasuk ke dalam unsur penilaian dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu cobalah untuk menjadi siswa dengan sikap dan perilaku yang baik. baik kepada orang tua, sahabat, lingkungan orang tua dan khususnya guru yang telah memberikan kalian bekal ilmu yang sangat berharga untuk masa depan kalian, jadi  jangan hanya suka ilmunya tapi yang memberikan ilmu (guru) tidak dihormati, jika terjadi seperti itu maka ilmu kalian tidak akan berkah.

  1. Memiliki tekad berprestasi

Hampir kebanyakan anak yang berprestasi memiliki tekad yang kuat untuk mencapai hasil terbaik. Oleh karena itu, siswa akan berusaha keras belajar agar mendapatkan hasil maksimal. Prinsip anak dengan mental unggul adalah “hari ini adalah harus lebih baik dari hari kemarin” Dengan prinsip ini, siswa akan berusaha untuk terus menjadi lebih baik setiap harinya. baik secara akademik maupun secara non akademik.

  1. Taat beribadah

Tak hanya hal-hal akademik saja yang perlu anda persiapkan untuk bisa menjadi siswa berprestasi. Ketaatan dalam beribadah juga penting untuk mendukung kesuksesan belajar, oleh karena itu anda harus taat beribadah agar selalu diberikan kemudahan, kelancaran dan juga kesuksesan dalam menuntut ilmu.

Kata motivasi belajar 

“Semakin banyak Anda membaca, semakin banyak hal yang akan Anda ketahui. Semakin banyak yang Anda pelajari, semakin banyak tempat yang akan Anda kunjungi.”- Dr. Seuss.

“Katakan padaku dan aku lupa, ajari aku dan aku mungkin ingat, libatkan aku dan aku belajar.”- Benjamin Franklin.

“Pembelajaran tidak dicapai secara kebetulan, itu harus dicari dengan semangat dan diperhatikan dengan ketekunan.”- Abigail Adams.

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta