GLADI BERSIH UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI TKJ TAHUN 2022,

 

Gambar: Bengkel Teknik Komputer Jaringan (TKJ)

Dalam rangka untuk persiapan  Uji  Sertifikasi Kompensi, maka kepala Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) telah diadakan Try Out yang dimulai hari rabu, 15 Februari – 15 April 2022, kegiatan ini dilakukan di Bengkel TKJ, lantai 2,  dalam 1 hari terdiri dari 2 kelompok, dan 1 kelompok berjumlah antara 10 s.d 12 orang,  untuk sesi 1 dimulai dari  pukul: 07.00 – 12.00, dan sesi 2  dari pukul: 12.00-16.00 WIB.

Sebagai ketua pelaksanaan Try Out adalah ketua Jurusan TKJ yaitu bapak Adisa, M.Kom, dan dibantu oleh  bapak. Jesi  Abdul Rohman, S.Pd. bapak Achmad Riyadi, S.Si, dan Muhamad Awaludin, S.Kom. Sedangkan yang menjadi  tutor try Out dari siswa semua dari kelas XII TKJ 3 adalah  Rajes khan Dias , Muhammad Sholeh  dan Muji Kristianto.

Ada juga anak PKL dari jurusan TKJ yang diperbantukan untuk suksesnya Try out, dengan jumlah 4 orang, semua dari jurusan XI TKJ 2 yaitu: Yoga Candra,  Rizki Juliyansah,  Mohamad Fajri, Reyhan Alfath.  Yang dimulai hari  selasa,  12 April 2022, sampai akhir bulan April.

Adapun yang menjadi tujuan diadakan Try out TKJ menurut Jesi  Abdul Rohman, S.Pd: Agar dengan materi  yang telah diberikan kepada siswa bisa diselesaikan semua praktik secara tepat waktu. Karena siswa  hanya diberikan  waktu 3 jam, sedangkan materi yang akan di Uji nanti adalah: Microtik, Acces Point, Voip, Debian Server, Crimping, IP Camera.

Proses pelaksanaan  Try Out diawal Latihan untuk Crimping kabel, penulis melihat langsung proses crimping kabelnya, dengan  jenis Straight, ada banyak  fungsi kabel straight ini biasanya digunakan untuk pemasangan device yang berbeda. Diantara fungsinya adalah:

  1. Menghubungkan komputer dengan switch jaringan
  2. Menghubungkan komputer dengan hub jaringan
  3. Menghubungkan komputer dengan router jaringan
  4. Menghubungkan komputer dengan LAN
  5. Menghubungkan switch dengan hub jaringan
  6. Menghubungkan switch dengan router jaringan

Ini suasana siswa dikelas sedang mencrimping kabel jenis Straight

Pelaksanaan  Uji Sertifikasi Kompetensi rencananya akan diadakan senin, 18-22 April 2022, di bengkel TKJ. Yang menjadi Tim pengujinya nanti adalah: dari  LSP P1, SMKN 7 Jakarta, P2KPTK Jakarta selatan, waktu jam: 07.00 s.d 16. 00 WIB, bagi yang lulus Uji sertifikasi TKJ akan mendapatkan SERTIFIKAT, sedangkan bagi yang tidak lulus akan mendapat SKILL PASPOR.  Ujar beliau.

Sedangkan jika siswa telah mendapatkan sertifikat, maka sangat bermanfaat khususnya dalam dunia kerja adalah:  Agar siswa memiliki kemampuan (skill) diakui dalam dunia Industri (DU/DI), dan sebagai point khusus dalam bidang TKJ yang di buktikan dengan bukti Sertifikat. Kata jesi dengan tergas

Demikian informasi tentang Try Out Uji Kompetensi TKJ, semoga pada ujian pelaksanaan nanti dapat berjalan dengan lancar, dan siswa/I mampu menyelesaikan sejumlah materi praktik dengan baik.

Terima kasih atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Salam sukses untuk kita semua.

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta