HARI TERAKHIR PESANTREN RAMADHAN DAN BIMBINGAN ZAKAT FITRAH 1443 H DI SMKN 22 JAKARTA

Dari semua rangkaian kegiatan dalam rangka mensyiarkan bulan Ramadhan 1443 H di SMKN 22 Jakarta, maka hari Kamis 28 April 2022, adalah hari  terakhir kegiatan  Pesantren Ramadhan dan bimbingan Zakat Fitrah,  yang mengikuti sanlat  pada hari kamis ini adalah kelas X AKL1, dan X AKL 2,  pukul  06.15-06.30 WIB, sebelum acara dimulai Tim Hadroh sudah menyumangkan beberapa lagu sholawatnan, dalam rangka mahabbah kepada Rosululah SAW,  dengan  vokalnya adalah Muhammad latif X OTKP 2 dan Muhammad Haikal X BDP 1,  keserasian bunyi yang menggetarkan jika dalam  permainan hadroh ternyata telah dibantu oleh  Tim Hadroh yang solid, dibelakang mereka  adalah Deky, Vano, Sofyan, Raihan, Rafif, dan Lukman. Seperti biasa pembacaan Tadarus Al-Quran dimulai  dari pukul 06.30—07.20 yang dipimpin  oleh Muhammad Latif (XOTKP2)  dan Ibad Sa’al Maftuh (X BDP 1).

Acara penutupan pesantren Ramadhan dan Bimbingan Zakat Fitrah dilaksanakan di awal dikawatirkan para siswa tidak fokus jika di pasang di akhir acara, karena biasanya diakhir acara ada materi muhasabah, belum lagi ada acara pembagian zakat fitrah, yang semula dijadwalkan setelah dzuhur, maka secara fakta diberikan ketika siswa selesai mengikuti KBM, karena berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, jika mereka khususya para mustahiq (siswa/i) sudah pulang kerumah, banyak diantara mereka yang tidak mengambil haknya, oleh karena itu para panitia bermusyawarah dibantu oleh beberapa guru , mengambil keputusan seperti ini.

Acara penutupan dibuka  pada jam 07.20-07.25 oleh MC oleh Fadiyah Habibah Sopiyan X OTKP 1  dan Anggita Nauli Kinantan X AKL 2, dan tilawatil dan Sari tilawah Quran oleh Abdurahman Maula Dawilat dan Nisrina Zulhamlizar. Dilanjutkan dengan  laporan Sanlat dan Zakat  pada pukul 07.20-07.25, oleh Pembina Rohis sekaligus mewakili GPAI yaitu: Bapak Miswan, MA,  dalam sambutanya telah melaporkan sebagai berikut: jumlah uang yang terkumpul dari para Muzakki  dari hari senin sampai hari kamis adalah: Rp. 3,210.000,- (Tiga juta dua ratus sepuluh ribu),– dengan jumlah mustahiq dalam  sebanyak 25 orang yang terdiri dari   19 siswa dan 6 karyawan SMKN 22 Jakarta, di tambah Amil Zakat berjumlah 14 orang terdiri dari 12 siswa dan 2 orang guru pendamping. Alhamdulillah semua sudah disalurkan kepada para mustahik yang sudah di data  oleh para panitia dari mulai jam 11.00-12.00. WIB.

Sambutan dari pihak sekolah diwakili oleh wakasek  bidang kesiswaan, ibu. Lilik Kurniwati,M.Pd, beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak  yang membantu suksesnya acara kegiatan bimbingan sanlat dan zakat fitrah,  baik dari pihak Guru maupun dari Osis dan Rohis, semoga Allahlah yang akan membalas segala kebaikannya. Amiin Ya robbal ‘alamiin.

Gambar bu Lilik dengan memberikan sambutan di lanjutkan dengan penutupan Acara sanlat dan bimbingan Zakat Fitrah 1443 H.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba dari seluruh jurusan khususnya kelas X,  SMKN 22 Jakarta telah mengadakan pekan kreatif dalam bentuk lomba kaligrafi, video animasi Islami dan Puisi Islami dan Design Baju Muslim.

Berikut adalah para pemenang lomba pada acara  pekan kreatif yaitu:

  • Juara Video Animasi  di raih oleh Fajar Yulianto  kelas BDP 2
  • Juara Menggambar baju design oleh Tari Mutiara BDP 2
  • Juara Kaligrafi  oleh Maisya Aulia X OTKP 2
  • Juara Puisi  Rizki Pratama X OTKP 2

Atas nama keluarga besar SMKN 22 Jakarta mengucapkan selamat atas  pemenang lomba pada acara Pekan Kreatif, semoga menjadi lebih semangat dalam meningkatkan kreatifitas dimasa yang akan datang, dan bagi yang belum juara jangan  pernah berputus asa, semoga di lain waktu andalah yang akan menjadi sang JUARA,

Sie. Photo Guru2

Setelah selesai  acara pembagian hadiah dari kegiatan pekan Ramadhan cerita, maka  pada pukul 08.25-08.40, acara dilanjutkan dengan kegiatan bimbingan Dhuha, Doa oleh  Muhammad Latif  Dan Kultum oleh  Rima Rahmawati dengan judul: “Mengetahui Hikmah Yang Ada Di Bulan Ramadhan, dan jam 08.40-09.15  WIB,  adalah pelaksanaan kegiatan  mentoring di lanjutkan dengan Quis Dan Doorprize yang dipandu oleh Muhammad Latif dan Rima Rahmawati.

Untuk kajian materi pertama pada pukul 09.35-10.45 oleh  bapak:  Burhanuddin, M.Ag, materi yang disampaikan sama dengan materi dari hari pertama yaitu tentang belajar Fiqih bab Wudhu, dan hari  kajian materi hari ke 2 pada pukul  10.45-11.30. Kajian Kedua Pemuda Galau, Siapa Takut?, di sampaikan oleh bapak Miswan, MA, yang dimulai dengan ice breaking, dilanjutkan dengan pengertian galau, yang menyebabkan remaja galau, dan solusinya,  disajikan secara interaktif, dan sesi terakhir dibuat kelompok diskusi  tetang pemuda islami, dari dua kelas dibagi menjadi 5 kelompok, kelompok 1 tentang  pemuda Nabi Yusup kelompok 2 Nabi Muhammad di usia muda,  kelompok ke 3 kerpribadian sosok Wanita muslimha dari Siti Fatimah kelompok 4 Nabi Ismail dan kelompok 5  Pemuda Ashabul Kahfi, dan hasil diskusinya di presentasikan ke depan.   Setelah materi terakhir  selesai dilanjutkan dengan  doa/penutup.

Salah satu nilai yang harus ditanamkan dari  pengajaran agama Islam adalah menanamkan kebiasaan dalam mengerjakan sesuatu, di antaranya adalah membiasakan sholat jama’ah,  untuk itu dari kegiatan sanlat pertama sampai terakhir siswa di ajak untuk sholat berjamaah, khususnya jama’ah sholat Dzuhur, yang dilaksanakn pada pukul 11.45-12.15 WIB dilanjutkan dengan  kuliah tujuh menit  oleh saudara Ibad Sa’al Maftuh dengan mengangkat materi tentang  Overthinking.

Dokumentasi

Gambar: Panita Gabungan Osis dan ROHIS SMKN 22 Jakarta

Ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H dari Guru SMKN 22 Jakarta

Ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H dari Guru  Pendais dan Rohis SMKN 22 Jakarta

Ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dari Guru, OSIS dan Rohis SMKN 22 Jakarta 

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta