HARI KE TIGA SANLAT RAMADHAN SMKN 22 JAKARTA

Pelaksanaan  pesantren kilat  Ramadhan ke tiga ini adalah  kelas X TKJ 2022, kelas ini terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas X TKJ 1 X TKJ 2 dan X TKJ 3, pelaksanaan santlat ini telah dilaksakanakan pada hari rabu, 27 April 2022 ,  yang diawali oleh penampilan tim Hadroh SMKN 22 Jakarta pada pukul 06.15-06.30 WIB, dengan vokalnya adalah sdr. Muhammad Latif (X OTKP 2) , dan sdr. Abdurrahman maula dawilat (X OTKP 2),  dan para pemain hadrohnya adalah haikal, Deky,Vano, Sofyan, Raihan, Rafif  dan Lukman semua dari kelas X,  pada jam  06.30- 07.20 dilanjutkan dengan  tadarus Al-Qur’an dan pembacaan Al ma’surat dipandu oleh Muhammad Latif, Ibad Sa’al Maftuh dan Bu Irmayanti, acara pembukaan  dimulai pada pukul 07.20-07.25 dipandu oleh  Rima Rahmawati X OTKP 1 dan Muhammad Haikal X BDP 1, sedangkan yang membacakan Tilawah dan sari tilawah  adalah Abdurahman Maula X BDP 1 dan nisrina Zulhamlizar X AKL 2.

Dalam rangka mengedukasi  siswa agar terbiasa melaksanakan sholat sunah dhuha maka pada pesantren Ramadhan ini dibimbing  langsung oleh guru Agamanya, pelaksanaan sholat sunah dhuha di mulai pukul 07.30 – 07.58, dilanjutkan dengan pembacaan doa sholat dhuha dan diakhiri dengan kultum, kali ini kultum ada 2 orang siswa, Kultum pertama, Muhammad Latif X OTKP 2, Kultum kedua anggita nauli Kinantan X AKL 2, yang mengangkat materi tentang”Keutamaan sabar”.

Untuk menanamkan cintanya kepada al-quran,  dan meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an maka diadakan kegiatan mentoring dari jam 07.58 – 08.30 WIB,  dengan tutor sebaya, jadi yang memandu adalah siswa yang sudah bagus dalam membaca Al-Quran,  berikut dokumentasinya:

sedangkan guru pendidikan agama hanya memonitoring kegiatan siswa tersebut. Dan membantu jika di butuhkan, bentuknya mentoring seperti halaqoh rosulullah SAW.

Setiap hari kajian materi diberikan sebanyak dua sesi, sesi pertama dimulai dari pukul  08.30 – 09.25 materi yang di angkat adalah “pemuda galau, siapa takut? Yang telah disampaikan oleh ibu, Irmayanti, S.Pd.I sebagai GPAI PAI SMKN 22 Jakarta,

untuk mengisi waktu senggang maka pada 09.25 – 09.30  telah diadakah kultum, kultum yang  kedua yang berjudul “Ikhlas”, oleh Muhammad Nauval azami X OTKP 2, agar acara ini bisa lebih seru dan lebih interaktif maka paniti berinisiatif mengadakan quiz selama 30 menit darjam 09.30- 10.00 dipandu oleh Muhammad Latif dan Rima Rahmawati, sedangkan untuk sesi ke materi kedua yang telah membahas tentang ilmu Fiqih (Kayfiyah berwudhu menurut 4 Mazhab yang telah disampaikan oleh bapak  Burhanuddin, M. Ag.

Dan acara ditutup dengan Doa, dan penutup. Karena waktu masih memungkinan menjelang datangnya waktu sholat dzuhur maka 11.25 -11.50, maka dibacakan  sholawat Nabi Muhammad  SAW. dan persiapan sholat zuhur Oleh : Abdurahman Maula Dawilat, Muhammad haikal.

Pelaksanaan sholat Dzuhur dilaksanakan secara jama’ah, di Masjid Al-Ikhlas SMKN 22 Jakarta,  sesuai sholat dzuhur pada mulai pukul  11.50 – 12.15  WIB dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit (kultum),  atau kuliah ringkas (Kulkas). Yang telah disampaikan oleh Muhammad Latif,  yang berjudul:  7 golongan orang yg mendapat naungan Allah di Akhirat nanti)

Demikian laporan  penulis sampaikan semoga bisa menambah wawasan, dan selalu istiqomah dalam kebaikan. Amiin Ya Robbal ‘alamiin.

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta