Jum’at Sehat dan Jum’at Bersih sebagai Perwujudan Profil Pelajar Pancasila

Jumat(28/07-2022) Cuaca begitu cerah dan matahari pun tidak terlalu panas untuk melaksanakan senam pagi. Bertempat di lapangan SMKN 22 Jakarta, maka warga SMKN 22 telah mengadakan kegiatan jum’at sehat dan jum’at bersih, Kegiatan ini didahului dengan senam pagi untuk kelas  semua kls XII & kls XI TKJ – XI AKL, kegiatan senam telah dipandu oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan (Penjasorke) yaitu, Bapak Diding Holing, S.Pd. Senam yang dilaksanakan selama lebih kurang empat puluh lima menit.

Program jumat bersih dan kerja bakti ini telah di gagas oleh kepala sekolah  SMKN 22 Jakarta, agar seluruh keluarga besar SMKN 22 Jakarta memiliki sehat jasmani yang paripurna. Selain Kesehatan jasmani ibu. Dra. Odah Saodah, M.Pd juga membuat program peningkatan spiritual  yaitu Dzikir bersama seluruh warga SMKN 22 Jakarta. Secara terjadwal.

Demikian jadwal yang sudah diberikan wakasek bidang kesiswaan ibu. Lilik Kurniati,MPd.

  1. Ada 11 rombel yang akan melaksanakan senam & 12 rombel yg akan melaksanakan kegiatan bersih2.
  2. Semua kls XII & kls XI TKJ – XI AKL : senam
  3. Semua kls X + XI OTKP & XI BDP : bersih2

Setiap kelas yangg beragenda bersih-bersih, membagi kelasnya menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok wajib membawa 9 macam item properti, yaitu :

  1. Sapu Lidi
  2. Koran bekas
  3. Lap / kain katun bekas
  4. Sekop kecil / sendok semen
  5. Sapu ijuk
  6. Kain pel
  7. Ember
  8. Kanebo
  9. SoKlin Lantai (cukup 3 sachet)
  • Semua siswa & BPK-Ibu guru wajib mengenakan baju olahraga dari rumah masing-masing, lalu berganti busana encim stlh kegiatan senam & bersih2 selesai.
  • Dimohon kepada Bapak-Ibu Walas untuk mendampingi putra-i binaannya dlm kegiatan bersih2 & senam.

Beliaupun menambah informasi untuk rombel/kelas yang beragenda bersih2, menaungi kebersihan lokasi berikut ini

  1. X TKJ 1,2,3 : bertanggung jawab atas kebersihan kls nya masing2 + Selasar / koridor gedung A lantai 2 + lapangan badminton
  2. X AKL 1,2 : bertanggung jawab atas kebersihan kls nya masing2 + Selasar / koridor gedung A lantai 1 + taman di gedung A
  3. X BR 1,2 : bertanggung jawab atas kebersihan kls nya masing2 + Selasar / koridor gedung B lantai 2
  4. XI OTKP & XI BDP: bertanggung jawab atas kebersihan kls nya masing2 + taman gedung B + Selasar / koridor gedung B lantai 1 + Sawung di taman gedung bawah.

Demikianlah pemberitahuan ini kami sampaikan agar menjadi perhatian bagi semua.”Ujar bu Lilik Kurniati satu hari ketika di shere di group Office SMKN 22 Jakarta

Dokumentasi  senam bagi guru

Terlihat seluruh pegawai mengikuti giat senam pagi ini. Senam yang dilaksanakan saat ini, berlangsung lancar dan para pegawai sangat antusias karena dapat menghilangkan kepenatan dalam bekerja dan menyegarkan kembali tubuh yang sudah letih dalam bekerja.

Kegiatan senam ini  dapat membantu para guru dan karyawan tata usaha untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan menyadarkan bagimana pentingnya olahraga dalam menunjang aktifitas sehari-hari, salain itu juga  untuk menyegarkan pikiran, menghilangakan kepenenatan, dan dapat meningkatakna kebugaran tubuh, yang utamanya juga dengan senam bersama  bisa memupuk kebersamaan, menjaga kekompakan, meningkatkan etos kerja bapak/ ibu guru dan tenaga kepandidikan dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan perofesional untuk menghasilkan  mutu Pendidikan yang lebih baik. Dibalik jiwa yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Selain menjaga kebersihan lingkungan sekolah, diharapkan para siswa dapat terbiasa bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal ini sebagai salah satu perwujudan Profil Pelajar Pancasila, Gotong Royong. Yaitu mereka dapat melakukan kegiatan bersama-sama dengan suka rela agar pekerjaan berjalan lancar, mudah, dan ringan. Kerja bakti membersihkan kelas masing-masing dengan dibimbing oleh wali kelas. Para siswa sangat antusias melaksanakan kerja bakti, saling membagi tugas. Hal ini terlihat dengan mereka sembari asyik mengobrol ringan dan sesekali diselipi canda yang menimbulkan gelak tawa.

“Mens sana in corpore sano” adalah sebuah kutipan yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk itu diharapkan dengan senam ini tubuh akan menjadi sehat dan jiwa menjadi kuat (Dok/Foto : Humas)

Dokument bersih-bersih

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta