WORKSHOP  LMS  MOODLE DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Penulis: Miswan, M.Pd. ( Guru SMKN 22 Jakarta)

Jakarta, Selasa 26 Juli 2022, SMKN 22 Jakarta telah  mengadakan kegiatan  Workshop LMS, dan mengaplikasikan kurikulum Merdeka ( Kurma), kegiatan ini dilaksanakan agar mutu guru SMKN 22 Jakarta semakin meningkat, yang pada akhirnya guru yang berkualitas akan berbanding lurus dengan siswa/I yang berkualitas, baik dari segi pemahaman kontennya maupun kemampuan dalam mengunakan media yang tepat dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM), salah satu media yang sangat familier, open source, tampilan yang Friendly artinya tidak memerlukan teknik yang terlalu rumit, yaitu LMS Moddle.

LMS Moodle sudah diterapkan di SMKN 22 Jakarta ini, sudah 2 tahun lebih, Moodle adalah suatu platform Learning Management System (LMS), yakni perangkat lunak yang ramah pengguna dan dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan sistem pembelajaran atau pelatihan online bagi institusi hingga organisasi di seluruh dunia.

Secara historis, moodle didirikan dan dikembangkan pada tahun 2002 oleh Martin Dougiamas, Moodle yang awalnya merupakan sebuah platform terbuka, kuat, aman, dan gratis, yang didesain bagi pengajar, administrator, dan pelajar untuk membuat serta memberikan lingkungan pembelajaran online dengan menggunakan pemakaian teknologi dalam kemudahannya.

Kini, moodle online adalah sistem manajemen pembelajaran yang paling banyak digunakan di dunia dan mendukung lebih dari 150 juta pelajar. Namun tak hanya digunakan di dunia pengajaran saja, moodle juga dimanfaatkan oleh banyak organisasi dari berbagai bidang dan tingkat. Moodle kebanyakan digunakan oleh sekolah, pebisnis, perusahaan, rumah sakit, dan organisasi nirlaba untuk pembelajaran online, pelatihan, dan dalam beberapa kasus, Moodle pun dimanfaatkan untuk memperbesar cakupan bisnis.

Kegiatan  Worskhop LMS ini di prakarsai oleh Wakasek Bidang kurikulum (Wakakur) yaitu Ibu. Herni Setiyawati, M.Pd, tentu telah mendapatkan support penuh dari kepsek, yang selalu mendukung setiap kegiatan, demi kemajuan sekolah SMKN 22 Jakarta, salah satunya adalah peningkatan mutu guru dan pembentukan karakter siswa  yang mengedepankan nilai spiritual dan akhlakul karim, beliau adalah ibu. Dra. Odah Saodah, M.Pd. kita doakan ya, semoga beliau selalu dalam lindunganNYa. Amiin Ya, Robbal ‘alamiin.

Kegiatan Worskhop  LMS ini di mulai pada jam 10.00 s.d Selesai, yang bertempat di ruang Aula SMKN 22 Jakarta, sebagai  pemandu acara adalah ibu Dra. Lailatus Sa’adah, M.Pd, dengan membukan basmalah…

Gambar: Muhammad Awaluddin, S.Kom, selaku Narsum pada acara Workshop LMS Moodle di SMKN 22 Jakarta.

Sedangkan yang bertindak sebagai  Narsum pada Worskhop LSM berbasis Moodle ini adalah  bapak Muhammad Awaludin, S.Kom, dalam paparan materinya beliau telah menampilkan fitur terbaru dari LMS SMKN 22 Jakarta.

Acara selanjutnya adalah paparan yang telah disampaika oleh ibu Wakakur , yaitu ibu. Herni Setiyawati, M.Pd. yang menjelaskan tentang kegiatan pelaksanaan supervise dan hal-hal yang harus di persiapkan dengan media LMS Moodle. Kegiatan ini sempat istirahat karena adzan Dzuhur sudah berkumandang, dilanjutkan sekitar jam 13.00 WIB sampi jam: 15.00 WIB.

Setelah penyampaian infomasi dari ibu wakakur, maka ada  informasi tambahan dari bapak okta terkait bagaimana seorang guru bisa mengikuti semua kegiatan pelatihan tapi dapat dari situs secara online yaitu yang Bernama https://jaklat.jakarta.go.id/Registration. Berikut tampilan awalnya.

Telihat para dewan guru telah mengikuti pelatihan ini dengan semangatnya, berikut dokumentasinya.

Semoga kegiatan workshop LMS dan beberapa informasi   yang telah disampaikan oleh  wakakur dapat bermanfaat bagi kita semua.

Salam sukses untuk SMKN 22 Jakarta,

Satu Visi, satu Hati bersama Meraih Prestasi.

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta