LEPAS  SAMBUT KEPALA SEKOLAH LAMA DENGAN  KEPALA SEKOLAH BARU SMK NEGERI 22 JAKARTA

Hari ini terlihat suasana sedih dan  haru menyelimuti keluarga besar SMK Negeri 22 Jakarta, yang mana pada hari ini adalah Jum’at, 10 Juni 2022, telah diadakan acara perpisahan  Kepala Sekolah yang lama yaitu Bapak Drs. Deni Triwardana, karena alih tugas menjadi Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Jakarta. Dan digantikan  dengan  Ibu Dra. Odah Saodah, M.Pd dari  SMK Negeri 10 Jakarta. Acara lepas sambut ini berlangsung cukup khidmat, dimulai pukul 08.10-10.30 WIB, yang bertempat di Aula SMKN 22 Jakarta.

Turut hadir  ibu Dra. Aminah M. Pd yang pernah menjabat menjadi kepsek SMKN 10 dan juga di perbantukan menjadi kepsek SMKN 22 Jakarta, bapak kepsek SMKN 52 Jakarta, bapak  ML. Tobing , SE,MM sebagai Kasatlak Pendidikan Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur, dan juga Ka. TU SMKN 10 bapak A. kholid. Dan rombongan tamu pengantar dari SMK Negeri 10 Jakarta dari guru dan karyawan, Wakil kepsek bidang kurikum dari SMKN 64 Jakarta, Ibu. Rima Febriani, M.Pd, dan banyak yang lainnya yang mohon maaf tidak disebutkan satu-persatu namun tidak mengurangi ta’dzim penulis dan karyawan SMKN 22 Jakarta menyambut dengan suka cita.

Dan dari SMKN 22 Jakarta turut hadir adalah dari jajaran Wakil  yaitu Ibu.Herni Setyawati, M.Pd. Wakil bidang kurikulum Ibu.Lailatus Sa’adah, S.Pd. Wakil Bidang Humas bapak. M. Awaludin, S.Kom Wakil Bidang Sapras , Ibu.Lilik Kurniati, M.Pd, Wakil Bidang kesiswaan,  bapak Tohari selaku Kepala Tata usaha (TU), beserta Stafnya, serta bapak dan ibu guru

Seperti yang sama-sama kita pahami, bahwa perputaran atau rotasi, mutasi adalah hal biasa dalam sebuah institusi pendidikan. Dengan tujuan agar adanya penyegaran dan pembinaan karir, terjadi profesionalisme dan rasa keadilan serta menjamin kualitas dan obyektifitas sekolah yang dipimpin, demikian halnya yang terjadi di sekolah SMKN 22  Jakarta yang tercinta.

Dalam kehidupan adanya pertemuan, pasti juga akan ada perpisahan. Dan perpisahan telah mengajarkan kita betapa berharganya seseorang, ketika sudah tidak bersama kita lagi.

Acara lepas sambut di pandu oleh Ibu. Laelatus Sa’adah, M.Pd, dimulai dengan  menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan tari-tarian daerah oleh siswi SMKN 22 Jakarta dan dilanjutkan dengan acara sambutan-sambutan serta pemberian cinderamata, penyerahan Secara simbolis  Hasil Verifikasi  dari kepala sekolah lama kepada Kepala sekolah dan terakhir adalah acara penutup atau doa.

ini adalah penampilan tarian daerah dari siswi SMKN 22 Jakarta

Bapak Drs. Deni Triwardana, selaku Kepala SMKN 22 Jakarta yang lama dalam sambutannya mengatakan:

Pertama: Yang paling berkesan buat saya adalah SMKN 22  termasuk ke 65 sekolah yang  lolos PTN, bahkan yang paling banyak lulus dari JT 2  khususnya di kecamatan Pasar Rebo.

Kedua: Ketika saya baru datang ke SMKN 22 Jakarta, masih dalam kondisi PJJ, dan pelaksanaan KBM masih menggunakan server orang,  pembelajaranpun saat itu masih menggunakan  aplikasi Google Classroom, Edmodo, Quipper, Quizizz,  bahkan saya ditawarkan dari dinas untuk  menggunakan, wikiDo, Smart cool, tapi saya menolaknya karena targetnya adalah kita harus punya server sendiri, akhirnya merekapun memahaminya, bahkan  orang Dinaspun sudah mensurveinya, saat ini pembelajaran di SMKN 22 Jakarta mengunakna  LMS  berbasis Moodle, agar semua pelajar bagi bapak dan ibu guru di pusatkan di server kita sendiri. Bahkan bisa melihat siapa guru dan siswa yang aktif menggunakan aplikasi LMS Moodle.

Ketiga: Perkembangan terakhir termasuk Sekolah PK Ciber Security, pertama menjadi juara 1 ( mendapatkan Emas) dan terakhir juara ke 3.

 keempat: Kita termasuk 100 sekolah ramah di Jakarta timur, sekolah ramah tujuan bapak wali kota agar kita termasuk daerah kota yang ramah,  mulai tanggal 26 juni untuk kementerin  tangal 20 juni,

Kelima: Pesan dari teman-tama guru bagimana nasib teman-teman yang belum lulus PPPK, atau yang sudah lulus tapi belum lulus passing grade, kekurangan guru,  seperti seni budaya, dan matematika, Ujar bapak, Deni Triwardana yang saat ini menjadi kepsek SMKN 5 Jakarta.

Sedangkan Kepala Sekolah yang baru  Ibu Dra. Odah Saodah .M.Pd  mengatakan:

Pertama: “Saya akan melanjutkan  program dari bapak Drs. Deni Triwardana yang luar biasa, karena SMKN 22 Jakarta telah mendapatkan EMAS untuk LKS tingkat Nasional,  untuk itu mohon dukungannya agar amanah ini dapat saya lakukan, karena tanpa adanya kolaborasi timework yang solid dan juga tanpa adanya bantuan bapak dan ibu mustahil semua program yang sudah dituangkan  akan berhasil, dan juga mohon bantuan untuk  Bapak  ML. Tobing , SE,MM selaku Kasatlak Pendidikan Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur,  agar semua program baik jangka panjang maupun jangka pendek dapat terwujud.

Kedua: Menjadi kepala sekolah adalah Anugrah dari Allah SWT, kesan pertama bertemu pak Deni sangat menggoda, dan baik hari, saya tersanjung sekali, pak Deni adalah orang yang luarbiasa khususnya di PDE, karena saya sudah lama di Rayon sejak tahun 2009,  saya sudah mendengar nama beliau, dan beliau adalah kepsek yang lulus kepala sekolah  terbaik. Dan terima kasih atas sambutannya semua yang luar biasa teman-teman di SMKN 22 Jakarta, “Ujar Ibu Dra. Odah Saodah M. Pd, yang menjadi kepsek baru di SMKN 22 Jakarta yang telah menyampaikan sambutannya dengan penuh semangat dan humble ini.

Dan sambutan terakhir  disampaikan oleh bapak  ML. Tobing , SE,MM sebagai Kasatlak Pendidikan Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur  mengatakan:

Rotasi dan mutasi kepala sekolah  adalah hal yang biasa, harus siap tempur, sesuai dengan janji seorang PNS,  terima kasih kepada Bapak. Drs.  Deni Triwardana atas kerjasama di SMKN 22 Jakarta selama ini,  guru dan karyawan disini harus ikhlas untuk melepaskan Bapak. Drs.  Deni Triwardana yang  pindah ke SMKN 5 Jakarta,

Dan untuk ibu.Dra. Odah Saodah, M.Pd saya ucapkan selamat bergabung di  Wilayah Pasar Rebo, dan saya berharap kedepan SMKN 22 Jakarta bisa lebih baik lagi, dan bapak ibu guru tolong dibantu beliau, dan para wakil tolong diberikan masukan yang sifatnya konstruktif, dan Dra. Odah Saodah, M.Pd juga jangan takut bertanya, saya sebagai satlak ada dibelakang ibu kepsek dan siap membatu. “Ujar Kasatlak Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur dengan semangatnya

Terkait dengan PPPK, nanti dalam waktu dekat akan ada redistribusi guru, di Pasar Rebo ada 300 guru baik di SD, SMP dan SMK/SMA, yang akan dirotasi bisa PNS atau PPPK, kalau saat ini kita melepas bapak Drs. Deni Triwardan kemungkinan kita juga akan di mutasi. Makin kita sering di rotasi makin banyak teman, banyak untungnya, jangan kawatir, karena ibu akan dimutasi tidak akan keluar dari DKI paling jauh ke Pulau Seribu…., “Kata ML. Tobing , SE,MM selaku Kasatlak Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur  

Penyerahan Secara simbolis  Hasil Verifikasi  dari kepala sekolah lama kepada Kepala sekolah Baru

Penutup bapak Miswan, M.Pd. berikut adalah contoh doa yang telah dibacakannya:

Doa Pisah Sambut

Diakhiri dengan ramah tamah

Dokumentasi lepas sambut kepsek SMKN 22 Jakarta

Dan akhirnya kami keluarga besar SMKN 22 mengucapkan,  “Terima kasih atas bimbinganya  selama ini kepada kami, semoga menjadi amal sholeh di akhirat nanti, dan kami mengucapkan selamat bertugas ditempat yang baru, semoga Bapak Drs. Deni Triwardana, diberikan kesehatan dan mampu menjalankan tugas  ditempat yang baru dengan baik.

Selamat kepada Ibu. Dra. Odah Saodah, M.Pd., yang sudah menjadi bagian dari keluarga SMKN 22 Jakarta, Semoga dapat menjadikan SMKN 22 Jakarta  menjadi lebih berprestasi lagi, aamiin.. Ya. Robbal ‘alamiin.”

SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Negeri 22 Jakarta Unggul dan Juara!

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta