PENINGKATAN KOMPETENSI ICT GURU PAI SMK/SMALB/SMK

 

Bogor, 19 April 2022, hari selasa adalah hari pertama mengikuti pelatihan yang diadakan oleh subdit PAI SMA/SMALB/SMK, Direktorat PAI kementeriean agama Republik Indonesia,  yang dilaksanakan di bogor 19-21 April 2022,  para pesertanya terdiri dari beberapa  provinsi, yaitu dari Jambi, Sumatera Selatan, Kalbar, kalsel, kalteng, Banten, jawab barat, jawa tengah, D I Yogyakarta, Jawa timur,  kab, Bogor, kota depok, Bekasi, Sukabumi, dan Banten, dengan jumlah kuota keseluruhan: 35 orang yang bertempat: Hotel,  Zest Bogor Jawa Barat. yang mengangkat tema peningkatan kompetensi ICT Guru PAI SMA/SMALB/SMK.

Kegiatan peningkatan Kompensi ICT Guru PAI SMA/SMALB/SMK dibuka pukul 14.00 WIb, di awali lagu Indonesia raya dan pembacaan kalam ilahi, pada acara sambutan, telah disampaikan oleh Direktur  PAI Kementerian  Agama Republik Indonesia,  bapak Amrullah M.Si: dalam sambutannya mengatakan: “Mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini, karena hal ini merupakan hal yang sangat penting, pertama agar Guru lebih familiar dalam menerapkan dan meningkatkan kemampuan teknologi di era milenial ini, kedua penggunaan ICT sebagai standar Kompetensi  bagi pendidik,  sebagai bibit unggul dari 35 GPAI yang diutus pada kegiatan ini, diharapkan ada program kelanjutannya agar tidak terjadi ketimpangan pemahaman pengusaan ICT pada orang tertentu saja. Ketiga ICT harus dijadikan fasilitas dalam pengajaran di sekolah, palagi saat ini  Kementerian Agama memiliki program moderasi beragama dan sudah mempunyai 4 modul yaitu: Modul 1 Buku induk moderasi agama berlandaskan Islam bisa diliat di web cendikia, modul ke 2 Jalan menuju moderas beragama, Modul ke 3 integrasi nilai Agama dalam moderasi beragama, isinya bisa di insersi atau dilibatkan ke 4 modul dalam pemanfaatan  ICT dalam proses KMB. “Ujar Direktur  PAI Kementerian  Agama Republik Indonesia.

Beliau melanjutkan sambutannya tentang kebermanfaatan kegiatan ini bagi peserta didik yang pertama agar peserta didik bisa lebih menguasai tentang IT,  yang kedua.  Teknologi sebagai alat bantu agar konten /materi bahan ajar bisa lebih cepat  dipahami, intinya kegiatan ini perlu di apresiasi peningkatan KBM. “Tegas beliau.

Bahwa google engine sangat membantu seorang guru, siapa yang mau belajar, bergerak meningkatkan kulitas diri, mau berubah, akan kami fasilitasi, googleup culute, sebuah aplikasi untuk bisa menstimulus dengan bagaimana cara menyampaikan materi tidak secara langsung tapi dengan  permainan melukis dengan bernyayi, Ujar Pimpinan Google.

Materi yang di berikan pada saat pelatihan:

  1. Pedagogi Siber Basis Desain Instruksi Edu. 4.0
  2. Digital Creative Showtime Virtual Class
  3. Digital Creative Report + Monitoring Sesi 1
  4. Kebijakan Direktorat PAI dalam Peningkatan Kompetensi Guru PAI di Sekolah
  5. Digital Creative Personal Microsite Wrap Up
  6. Transformasi Ekosistem Pembelajaran Digital MGMP Digital 4.0
  7. Digital Creative GPAI sesi 2
  8. Digital Creative GPAI sesi 3

Berikut adalah materi yang lebih detail  pada kegiatan peningkatan kompetansi ICT

final confirmed schedule ICT PAI Bogor

Panitia telah memberikan kepada para  peserta  dari 6 provinsi menjadi 5 kelompok,  tiga kelompok di yang presentasi dari wilayah DKI Jakarta, dengan jumlah peserta hanya 35 orang,  yaitu bapak Miswan dari SMKN 22 Jakarta, Khodik dari SMA 100 Jakarta, Bapak. Abdullah dari SMKN 8 Jakarta,  dan dua lagi yang presentasi dari wilayah  sekolah wilayah jawab barat dan Jawa Timur.

Terlihat bapak Miswan dan Tim sedang presentasi hasil pengerjaan tugas yang diberikan  oleh panita dari Direktorat

Terlihat gambar di sebelah kiri adalah bapak Miswan, di posisi tengah adalah bapak Harsono dari Jepara dan yang paling kiri adalah moderator dari direktorat

Berikut  adalah  hasil pelatihan yang didapat dari  kegiatan peningkatan komptensi ICT

E_Learning SMKN 22 Jakarta 

Silahkan di klik

Menjelang penutup maka  panitia dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah memberikan Infomasi  untuk meningkatkan  mutu MGMP PAI tingkat DKI Jakarta, maka akan mendapatkan uang untuk pemberdayaan  MGMP  PAI tingkat provinsi,  pendaptaran ditutup pada tanggal 22 April 2022, sesuai dengan infomasi seperti dibawah ini yang di infomasikan melalui Whasapp

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yth. Bapak/Ibu Pengurus MGMP PAI SMA/SMK seluruh Indonesia.

Kami mengingatkan bahwa batas akhir pengajuan Dokumen Pernyataan Minat Bantuan Pemberdayaan MGMP PAI SMA/SMK Tahun 2022 adalah tanggal 22 April 2022 pukul 23.59 WIB.

Dimohon bagi MGMP yang berminat untuk segera mengirimkan Dokumen Pernyataan Minat melalui simwas.kemenag.go.id/silaba/.

Manual book bisa didownload di silaba. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi personil Subdit PAI pada SMA/SMALB/SMK.

Demikian, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

 

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta