HARI PERTAMA PESANTREN RAMADHAN DI SMKN 22 JAKARTA

Jakarta, 25 April 2021,  adalah  hari pertama pesantren Ramadhan 1443 H,  kegiatan pesantren ini telah diawali dengan pengajian tadurus Al-Qur’an yang biasanya di central TU saat ini di laksanakan di Masjid Al-Ikhlas SMKN 22 Jakarta,  sebelum pengajian tadarus  dimulai,  Tim hadroh Rohis SMKN 22 Jakarta sudah membukan dengan 3 lagu sholawat. Pengajin tadarus pagi ini di pimpin oleh Abdurahman Maula kelas X BDP 1 surat yang dibaca adalah Q.S: Azzumar : 45 ,  acara tadarus pagi ini telah dimulai dari pukul 06.00 – 07.00 WIB.

Acara Sanlat Ramadhan di buka oleh pemandu Acara (MC) yaitu Sdri: Nadya Salsabilah Safwah kelas X AKL1 dan Sdr. Wisnu Slamet Saputro kelas X, TKJ 1,  dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi, oleh  Abdurahman Maula Dawilat dari kelas X BDP1, dan saritilawah Nisrinah Zulhamlizar, kelas  X AKL 2,  setelah itu acara sambutan-sambuatan, sambutan pertama dari ketua pelaksana yaitu Muhammad Latif X OTKP 2,  sebagaimana terlihat gambar dibawah ini:

Gambar: Ketua panita Muhammad Latif sedang memberikan sambutan

Panitia untuk sanlat dan panita Zakat Fitrah pada tahun 2022, seluruhnya adalah dari kelas X, karena kelas XI sedang melaksanakan Praktik Kerja Industeri (Prakerin). dan sambutan kedua oleh kepala sekolah bapak Dra. Deni Triwardana,

Dalam sambutanya beliau mengatakan: Ucapan banyak  terima kasih kepada para wakil, khususnya kesiswaan, humas dan kurikulum dan juga  para Guru pendamping siswa diantarnya dari bapak dan ibu GPAI dan Guru BP yang membantu acara ini, sehingga acara dapat ini dapat berjalan secara tertib sesuai dengan rencana, dan beliau juga  menegaskan bahwa pesantren Ramadhan  telah dilakukan dari siswa  untuk siswa, jadi yang berperan aktif adalah siswa.” Ujar Beliau.

Selain itu beliaupun menegaskan agar para peserta dan panitia untuk selalu menjaga protocol Kesehatan (prokes), dan beliaupun telah memberikan doa, semoga acara ini  sukses dan dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Setelah selerai acara pembukaan, maka dilanjutkan dengan kegiatan sholat dhuha  yang di berikan arahan oleh ibu. Irmayanti, S.P.I, dan penyampaian kultum  disampaikan Muhammad Latif X OTKP2,  dalam kulutmnya Latif memberikan materi tentang, 4 orang  yang di rindukan surga, yaitu:

  1. Orang yang gemar membaca Al Quran (Taalil Qur’an)
  2. Orang yang selalu menjaga lisannya dari berkata kotor, mencaci-maki, dan menghujat (Wa Haafidzii lisan).
  3. Orang yang memberi makan terhadap orang yang kelaparan (Wa Muth’mimul Jii’an)
  4. Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan (Wa Shooimiina Fi Syahri Ramadhan)

Selanjutnya dengan kegiatan mentoring yang telah dipimpin oleh Muhammad Haikal X BDP 1, Ibad Sa’al Maftuh X BDP 1, Abdurahman Maula dawilat X BDP 1, Aisyah Khoiriyyah X BDP 1, Davina salma X BDP 1, Ratih Cucu Salya X AKL 1, Nisrina Zulhamlizar X AKL 2, Ajeng Rahma Amelia X BDP 1.

Untuk materi 1 tentang Bab Toharoh (Wudhu) yang dibimbing oleh bapak Burhanuddin, M.Ag.  materi menjelaskan tenang rukun wudhu,  dan sunnah wudhu  menurut empat Madzhab,  yang mulai  pukul 08.15-10.00 dan materi ke 2 disampaikan oleh bapak Miswan, MA yang mengangkat materi tentang “Pemuda galau siapa takut”, yang di awali oleh ice breaking, Adapun pembahasan materi ini tentang: “Apa saja penyebab seserang sering galau”, dan bagaimana ajaran islam mengajarkan kita mengatasi galau (Futur), untuk membantu penjelasnya kepada anak-anak maka telah ditanyakan beberapa video yang terkait dengan materi tersebut,  materi ini  selesai sampai menjelang  sholat Dzuhur.

Gambar: Pemateri sedang memberikan hadiah kepada peserta yang aktif dalam mengikuti materi

Pelaksanaan sholat dzuhur dilaksanakan  secara berjamaah di lanjutkan dengan kultum oleh kelas X TKJ 2 Wisnu Slamet Saputro, yang membahas tentang pentingnya menuntut ilmu.

Disamping dilaksanakan pesantren Ramadhan ada juga panitia  penerimaan dan penyaluran Zakat Fitra 1443 H. sebagai panitia adalah siswa, dan alhamdulillah hari ini 25 April 2022, telah  terkumpul uang sebesar Rp. 500, 000,-  bimbingan pelaksanaan Zakat Fitrah disekolah di laksanakan dengan tujuan agar siswa mendapat bimbingan ijab Kabul secara langsung bagaimana cara membayar zakat fitrah yang benar, sedangkan bagi panitia juga mendapat pengajaran bagaimana cara menjadi paniti zakat sekaligus menyalurkan zakat kepada yang berhak menerimanha,  proses pembayaran zakat fitrah  sebagaimana terlihat pada gambar dibawah ini:

Gambar: Terlihat Ibu Irmyanti sebagai guru PAI sedang memberikan bimbingan tata cara pembayaran Zakat Fitrah kepada siswa

Dan setelah acara sanlat dan penerimaan zakat firah  peserta langsung menuju rumahnya masing-masing. Sedangkan para panitia melakukan bersih-bersih. Dan dilanjutkan dengan rapat evaluasi bersama pembina Rohis, hal ini  dilakukan agar besok hari selasa kegiatan sanlat yang ke 2 bisa lebih maksimal.

Demikianlah informasi yang bisa  penulis sampaikan, bagi bapak/ ibu guru dan siswa yang belum membayar zakat fitrah kami dari panitia siap menerima dan menyalurkannya.

Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca tulisan ini semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta