PENINGKATAN MUTU MGMP SMK PAI SMK JAKARTA TIMUR

Dalam rangka untuk meningkatkan mutu MGMP PAI Jakarta Timur, maka  pada tanggal 28 April 2022 lalu, MGMP PAI SMK telah mengadakan rapat koordinasi antar  pengurus,  yang berlokasi di Harapan indah “Udin Kombo”, sambil menikmati  makanan kas Betawi yaitu: “ GabuS Pucung”.

Adapun Agenda yang telah di Bahasa diantaranya, akan diadakan “Workshop MGMP PAI”.  Dan ‘PEMBUATAN SOAL  PAT PAI SMK”, dan Alhamdulillah telah berjalan dengan lancar.

Maka untuk menindaklanjuti pertemuan tersebut pengurus MGMP PAI SMK Jaktim, telah mengadakan rapat yang kedua kali pada bulan Mei 2022, yang dihadiri oleh 9 orang pengurus, yang dilakukan secara Google meet, pengurus yang hadir adalah:

  1. Drs. H. Abd Rohman, M.Pd SMKN 48 Jakarta
  2. Drs. Mukarromah, SMKN 40 Jakarta
  3. Miswan, M.Pd. SMKN 22 Jakarta
  4. Saeful hidayat, SQ. SMK PGRI 1 Jakarta
  5. Tuti Alawiyah, S.Pd.I SMK Budi Murni
  6. Nana, SMKN 40 Jakarta
  7. Susilowati salam, SMK Nurul Huda
  8. Mochamamd Hasyim, SMK Muara Indonesia
  9. Bahrul Ulum, M.Pd.I SMKN 26 Jakarta

Acara rapat dipandu oleh bapak. Miswan, M.Pd selaku Sekretaris MGMP PAI Jakarta Timur, di buka dengan pembacaan Basmalah, dilanjutkan sambutan-sambutan,

Sambutan pertama: oleh ketua MGMP PAI SMK Jakarta Timur,  bapak. Drs. H. Abd Rohman,M.Pd, beliau mengatakan,” Kegiatan Workshop sangat dibutuhkan bagi pengurus untuk kemajuan MGMP PAI SMK, agar kinerja kedepan bisa terukur dan berkwalitas, dengan pembahasan program kerja 1 tahun kedepan, begitu pula, pembuatan soal PAT, ini adalah pembuatan soal pertama yang langsung di kerjakan oleh pengurus secara Tim,  walau ada sebelumnya soal dibuat oleh pengurus  itupun intruksi dari SUDIN JT 1,  tapi kedepan mari kita bangun komitmen antar pengurus yang lebih berorientasi kepada hasil dan pengembangan SDM bagi GPAI SMK PAI se Jakarta timur.”Ujar beliau.

Selanjutnya adalah  pembahasan di bagi dua materi, yaitu tentang kegiatan Workshop, dan pembuatan soal PAT PAI SMK, Adapun hasil pembahasan Workshop adalah sebagai berikut:

  1. laporan dari panita survey tempat: Panitia telah melaksanakan survey lokasi di dekat mega mendung, dan sudah di DP,  sebesar  300.000,
  2. Pelaksanan kegiatan rencana awal pada tanggal 17 Mei 2022, namun secara fakta karena terlalu dekat, dan kurang persiapan, maka akan diundur pada tanggal 30 -31 hari senin dan selasa, kalau bukan hari kerja 28-29 Mei 2022.
  3. Jika pelaksanaannya pada hari kerja, pengurus harus membuat surat resmi dari MGMP PAI SMK,
  4. jika ada biayanya dalam kegiatan Wokshop tersebut, maka apakah perlu di lampirkan biayanya di surat undangan atau tidak ?
  5. Terkait dengan biaya untuk villa. Menghabiskan dana kurang lebih Rp. 6.000.000, akomodasinya dari mobil teman2 kita saja.

Setelah hasil rapat semua Sudah hampir finist, maka ada salah satu anggota  beliau adalah Ust. Saeful Hidayat, SQ, memberikan pandangan, beliupun berwujar, “  Selum memutuskan lokasi dan sebelum berangkat kita harus ada komitmen pengurus minimal 13-17 orang yang akan ikut, agar agenda kita berjalan secara maksimal bagaimana waktunya kita undur saja, dan tentang Villa, insya Allah saya akan bantu, artinya biaya Villa “GRATIS”, ada kolam renangnya, Viewnya bagus, alat masaknya juga lengkap, lokasinya di daerah Cipanas.“Ujar Ust. Saeful Hidayat yang menyampaikan materinya sangat semangat.

Gambar: Villa yang akan digunakan untuk Woskhop PAI SMK Jakarta-Timur
Gambar kondisi Ruangan, ruang Tamu, ruang makan, dan ruang Tidur.

Sontak para pengurus lainnya, memberikan respon dengan cepat, ada salah satu pengurus mengatakan,” menurut saya yang penting tentukan tanggal pelaksanaannya, biar mudah saling berkoordinasi baik antar pengurus maupun kepada pihak Villa sendiri,  untuk merespon usulan teman tersebut, ust, Saeful meminta waktu 1-2 hari saja.

Beliau melanjutkan pembicaraanya. “Kalau bisa MGMP PAI SMK Jak-tim, memiliki Program kerja yang jelas seperti:

  1. Buat timeline rencana kerja setiap 3 – 6 bulan
  2. Komitmen pertemjan rutin antar pengurus.
  3. Menjawab tentangan problamatika ke depan,
  4. Lakukan Rihlah pengurus

Tambahan dari ibu Dra.Mukarromah selaku bendahara MGMP PAI melaporkan kondisi uang Kas yang ada, dan menindaklanjuti  pembicaraan sebelum rapat di mulai dengan bapak Miswan dan ibu Susi, bahwa: “ Ujian Penilaian Akhir Tahun 2022 (PAT), sudah di depan mata, kita pengurus harus menyiapkan segala soal dan perangkatnya  agar ujian PAT berjalan dengan lancar,  diantaranya adalah  kisi-kisi soal, soal, kartu soal, jawaban soal, pedoman soal dan harus segera di eksekuasi agar teman-teman GPAI, bisa memiliki soal PAT sesuai target. Dan membuat soal tidak perlu menunggu dipuncak jadi mulai saat ini kita harus segera dimulai. “ujar Ibu Mukarromah.

HASIL RAPAT SOAL PAT

Ujian Penilaian Akhir Tahun 2022 (PAT), sudah di depan mata, setiap guru harus menyiapkan segala soal dan perangkatnya  agar ujian PAT berjalan dengan lancar,  diantaranya adalah  kisi-kisi soal, soal, kartu soal, jawaban soal, pedoman soal.

Demikianlah  laporan sederhana dari kegiatan MGMP PAI SMK Jakarta Timur semoga dapat menambah wawasan dan dapat meningkatkan komitmen bagi dari sisi pengurus maupun dari seluruh anggota GPAI Sejakarta Timur.

Dokumentasi rapat

Gambar: Kegiatan setelah Rapat koordinasi MGMP PAI SMK Jakarta Timur, dilanjutkan dengan Makan Ikan Gabus Puncung Udin Combo,

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta