SMKN 22 JAKARTA MELAKSANAKAN UPACARA BENDERA

Gambar: Ibu. Herni Setyawati, M.Pd sedang memimpin pembacaan Pancasila

Setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan terutama sekolah dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Termasuk di SMKN 22 Jakarta, Upacara Bendera sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Senin pagi.

Hari ini, Senin (25/07/2022) SMKN 22 Jakarta kembali melaksanakan Upacara Bendera.  Upacara bendera setiap hari Senin merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Kewajiban ini berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).

Sedangkan untuk pedoman pelaksanaan upacara bendera di sekolah. Tata cara penyelenggaraan upacara bendera di sekolah telah memiliki aturan baku yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Aturan terbaru yang mengaturnya adalah Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah.

Yang bertindak menjadi pemimpin Upacara adalah wakasek bidang Kurikulum dari SMKN 22 Jakarta, yaitu: Ibu. Herni Setyawati, M.Pd, didalam sambutannya  telah memberikan beberapa point diantaranya adalah:

  1. Dibulan Agustus kelas XI dan XII akan mengadakan tes TOEC
  2. Di bulan september kelas XI akan dilaksanakaan tes ANBK akan dicak sebanyak 50 siswa yang akan menjadi potret SMKN 22 Jakarta.
  3. Tanggal 19-23 september 2022, akan diadakan Mid, setelah itu kalian akan mengaat Tes tolong dipersiapkan dari segala sesuatunya.
  4. Pada bulan November akan diakan Penilaian Akhir Tahun (PAT), dapai awal Desember 2022
  5. Bagi kelas X akan mendapatkan pembelajaran berbeda dengan kakak kelas, sampai minggu ke 13, dan di awal Oktober akan didakan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penjelasan P5 dalam Kurikulum Merdeka yaitu kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. dan eksesnya bulan November 2022. Karena kelas X menggunakan kurikulum medeka.
  6. Untuk disiplin kehadiran hadir disekolah jam 06.15 WIB, ada atau tidak ada guru kalian wajib membuka atau membaca al-quran baik yang digital maupun alquran biasa.
  7. Lakukan kebersihan secara rutin, terutama di dalam kelas, usahakan setelah makan jangan membuang sampah di dalam kelas, khususnya di bawah laci meja kelas,  jadi 2 kali  tugas kebersihan, dan kembalikan bekas piring/ gelas yang berasal dari  kantin, ini semua demi Kesehatan kalian.
  8. Masuk di kelas dan dilingkungan sekolah jangan lupa pake masker dan cek suhu kalian . Ibu. Herni Setyawati, M.Pd dengan tegasnya.

Alhamdulillah kegiatan upacara  pagi ini dapat berjalan dengan lancar, terlihat bapak ibu dan ibu guru tidak kalah semangatnya melaksanakan upacara bendera.

Dan juga terlihat para siswa/I  dari seluruh kelas, dari kelas X, XI dan Kelas XII yang melakukan upacara dengan penuh semgatnyal.

Untuk menambah wawasan khususnya bagi siswa/I SMKN 22 Jakarta, maka berikut ini penulis mencoba untuk memberikan manfaat  siswa/I  melaksanakan upacara bendera setiap hari senin diantanya adalah:

  1. Disiplin diri

Upacara bendera bermanfaat untuk melatih siswa untuk mendisiplinkan dirinya. Disiplin dalam hal ini adalah terhadap waktu. Upacara bendera dilaksanakan tepat pada waktu yang telah diatur dalam jadwalnya. Siswa harus datang lebih awal agar tidak telat mengikuti upacara.

Selain itu upacara bendera bagi siswa juga bermanfaat untuk melatih diri disiplin terhadap aba-aba dalam upacara bendera. Ada saatnya posisi siap sempurna dan istirahat di tempat. Ini harus dipatuhi oleh siswa peserta upacara bendera.

  1. Berpenampilan rapi

Sebagai peserta upacara bendera, siswa harus berpakaian seragam, mengenakan atribut dan perlengkapan upacara bendera. Memakai topi sekolah dan dasi sesuai aturan di sekolah tersebut.

  1. Tenggang rasa

Pelaksana upacara adalah siswa di kelas sendiri atau kelas lain yang menjadi pelaksana upacara. Oleh sebab itu, sebagai peserta upacara perlu tenggang rasa terhadap pelaksana upacara. Kesalahan atau kekeliruan dalam pelaksanaan bukan untuk ditertawakan melainkan jadi pelajaran agar tidak terjadi pada kelas siswa sendiri.

  1. Cinta Tanah air

Saat pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia raya, siswa bersikap sempurna dan hormat pada bendera. Penaikan bendera melambangkan kesuksesan bangsa Indonesia untuk menegakkan kemerdekaan. Sebagai wujud cinta tanah air, siswa harus hidmad pada proses tersebut.

  1. Sosial dan kebersamaan

Upacara bendera memupuk rasa sosial dan kebersamaan. Upacara bendera akan berjalan lancar dan sukses berkat rasa sosial dan kebersamaan yang dimiliki oleh peserta upacara.

Salam sukses untuk kita semua. Marihlah kita wujudkan Satu Visi, Satu Hati bersama meraih Prestasi.

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta