MENGANTISIPASI AKSI UNJUK RASA 11 APRIL 2022.

Kita sudah sama-sama tahu bahwa berbagai media elektronik (online) sudah sangat santer yang memberitakan tentang akan adanya unjuk rasa besar-besaran yang di laksanakan pada 11 April 2022, salah satunya adalah yang dikutif dari media online: https://kabar24.bisnis.com, bahwa: Menteri Koordinasi Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengatakan, bahwa pemerintah memperhatikan dengan seksama dinamika yang berkembang di tengah masyarakat mengenai berbagai masalah yang muncul termasuk rencana unjuk rasa oleh beberapa elemen masyarakat. “Pemerintah menilai adanya unjuk rasa adalah bagian dari demokrasi. Meski demikian Indonesia juga adalah negara Demokrasi atau negara hukum. Untuk itu, pemerintah mengimbau agar di dalam menyampaikan aspirasi dilakukan dengan tertib, tidak anarkis, dan tidak melanggar hukum, yang penting, aspirasinya bisa didengar oleh pemerintah dan masyarakat,” ujarnya, Sabtu (9/4/2022).

Lanjutnya, dalam menghadapi rencana unjuk rasa itu, pemerintah sudah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan dan penengak hukum, agar pengamanan sebaik-baiknya. Tidak boleh ada kekerasan, tidak membawa peluru tajam, juga jangan sampai terpancing oleh provokasi.

Sedangkan menurut jpnn.com, Jakarta, Bahwa: Massa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari sejumlah kampus di Indonesia berencana menggelar aksi demonstrasi besar-besaran pada Senin, 11 April 2022. Tuntutan aksi 11 April 2022 antara lain menolak penundaan pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Rencananya, demo 11 April 2022 akan digelar di depan Istana Negara.

Menanggapi berita tersebut, kompastv.com. Sejumlah prajurit TNI telah disiagakan untuk membantu Polri dalam mengawal aksi elemen masyarakat pada 11 April 2022. Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan prajurit TNI bersifat membantu pengamanan aksi 11 April 2022. Dalam proses pengamanan, Andika memastikan prajuritnya tetap mengikuti prosedur pengamanan dan tidak akan melakukan tindakan represif saat membantu polisi menjaga aksi demonstrasi 11 April 2022 berjalan tertib dan damai. Andika juga mengimbau agar peserta aksi tetap tertib, tidak anarkis, dan tidak melanggar hukum. “Jangan sampai merusak fasilitas umum dan infrastruktur yang ada, karena yang rugi kita semua. Suara rakyat pasti didengar oleh pemerintah. Termasuk suara dari Pak Ketua DPD RI yang merupakan tokoh di negeri ini,” ujar Panglima TNI.

Gambar: Kegiatan Zoom Meeting Kepsek Bapak Drs. Deni Triwardana bersama Wali kelas dan orang tua /Wali Murid Siswa kelas X, XI, XII SMK Negeri 22 Jakarta

Untuk mengantisipasi hal tersebut diatas, maka SMKN 22 Jakarta, segera mengambil tindakan yang merujuk berdasarkan himbauan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi nomor: 07/03/D2/DM 03/2022 dan hasil Rapat  Kepala Sekolah  dengan Kabid terkait antisipasi  menghadapi aksi unjuk rasa 11 April 2022, maka kepala sekolah SMK N 22 Jakarta, Bapak Drs. Deni Triwardana, mengundang Manajeman SMKN22 Jakarta, wali kelas X, XI, XII dan orang tua /Wali Murid Siswa kelas X, XI, XII SMK Negeri 22 Jakarta, yang dilaksanakan pada hari Minggu, 10 April 2022, waktu, 08.00 s.d selesai, melalui  join Zoom Meeting, berdasarkan undangan yang dikirim di Group Official SMKN 22 Jakarta.

Adapun hasil dari pertemuan hal tersebut diatas, yang telah di share oleh Wakasek bidang Kesiswaan ibu. Lilik Kurniati, M.Pd adalah:

  1. Peserta didik kls X, besok pagi Senin 11 April 2022 tetap melaksanakan PTMT dengan pengawasan yg ketat dari pihak sekolah, orang tua dan peserta didik.
  2. Sehubungan dengan adanya issue akan terjadi demo besar-besaran, maka besok hari, Senin, 11 April 2022, maka orangtua peserta didik diharapkan dengan sangat kerjasamanya untuk mengantar & menjemput putra-i nya di sekolah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Untuk peserta didik kelas XI, diminta untuk libur PKL, mengenai surat izin PKL, akan diterbitkan oleh pihak sekolah berupa surat edaran yang Insya Allah akan dibuatkan hari ini juga sehingga besok pagi bisa dipastikan peserta didik kls XI akan tetap berada di rumah masing-masing.
  4. Untuk peserta didik kls XII, dihimbau untuk tidak hadir ke sekolah pada hari senin 11 April 2022 demi menjaga keselamatan & keamanan peserta didik sendiri.

Berikut adalah  surat   edaran mengenai surat izin bagi siswa PKL:

Surat Pemberitahuan dudi

 

Alhamdulillah kegiatan Zoom Meeting dapat berjalan dengan lancar, atas nama pihak sekolah mengucapkan  banyak terima kasih kepada semua pihak, atas dukungannya, baik dari TIM Manajeman SMKN22 Jakarta, wali kelas X, XI, XII dan orang tua /Wali Murid Siswa kelas X, XI, XII SMK Negeri 22 Jakarta, yang sudah mengikuti rapat dilaksanakan secara online, besar harapan semoga warga SMKN 22 Jakarta, tidak ada yang terlibat mengikut aksi demo tersebut.  Atas kerjasamanya  sekali lagi kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Salam sukses untuk kita semua.

About Miswan M.Ag, M.Kom

One comment

  1. Artikel yng sangat menarik dan bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta