HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2022

Tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi  DKI Jakarta, yang bertujuan agar semua insan pendidikan bisa mengingat kembali filosofi dan nilai perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menegakkan pendidikan di Indonesia, dan   sebagai generasi muda agar tidak lupa akan sejarah bangsa, serta ikut dalam rangka merayakan Hari Pendidikan Nasional yang merupakan upaya melestarikan budaya dan sejarah pendidikan bangsa yang disesuikan dengan era saat ini, dalam bentuk wujud karya yang original.

Berdasarkan dasar tujuan diatas, maka dinas Pendidikan provinsi DKI Jakarta, tahun ini, peringatan tersebut bertujuan untuk meninjau kembali yang telah dikerjakan dan diperbaiki dalam sistem pendidikan di Indonesia dan untuk memahami karakteristik generasi milineal yang unik yang mengangkat tema “Sekolah Karyaku”.  Agar kita  bisa lebih memahami tentang Generasi Milineal sesuai dengan tema yang angkat oleh Dinas Pendidikan provinsi DKI Jakarta, maka penulis mencoba akan menjelaskan  karakteristik pemuda milenial yang unik.

Ada 7 karakteristik generasi milenial yang unik. Menurut Time, generasi milenial adalah orang yang lahir pada tahun 1980 hingga 2000. Generasi milenial juga sering disebut sebagai generasi Y karena lahir setelah generasi X pada 1960 hingga 1980, seperti ditulis Live Science. diantaranya:

  1. Mudah beradaptasi, Mereka melihat segala sesuatu mudah berubah secara cepat, salah satunya dalam hal teknologi. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan beradaptasi agar tidak ketinggalan dengan orang lain. Tidak hanya mudah beradaptasi. Generasi milenial juga sering membawa perubahan yang signifikan terhadap lingkungan di sekitarnya
  2. Melek teknologi. Generasi milenial lahir di saat teknologi sudah berkembang. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan dirinya, kemajuan teknologi juga berkembang pesat. Setiap ada perubahan terbaru dalam hal teknologi, biasanya generasi milenial menjadi yang pertama untuk mengetahuinya. Mereka tidak kaget dan kagok ketika ada teknologi-teknologi tercanggih yang terus muncul.
  3. Achievement-oriented (berorientasi pada pencapaian)

Oleh karena itu, generasi milenial tumbuh dengan karakteristik percaya diri, ambisius, dan ingin lebih daripada orang lain. Generasi milenial ingin segala usahanya membuahkan hasil yang maksimal.

  1. Butuh perhatian

Generasi milenial cenderung membutuhkan perhatian dari orang-orang di sekitarnya. Perhatian tersebut bisa berupa pujian, pertanyaan, atau ajakan untuk berdiskusi. Hal ini nampak nyata di media sosial. Generasi milenial sangat senang jika konten yang mereka post mendapat banyak likes dan comments.

  1. Berpikiran terbuka

Karakteristik generasi milenial yang berikutnya adalah berpikiran terbuka. Hal ini sejalan dengan generasi milenial yang banyak menggunakan media sosial. Di media sosial, generasi milenial bisa berteman dengan siapa saja yang berasal dari negara, etnis, atau agama lain. Dengan pengalamannya di media sosial, generasi milenial cenderung terbuka dengan pendapat orang lain.

Demikianlah  penjelasan karatkeristik  generasi milenial yang unik, agar kita bisa memahami secara radikal (konfrehensip) dalam pemahaman yang positif, dan mendalam.

Teringat ungkapan bungkarno: “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Dari kata motivasi bungkarno, bahwa untuk memajukan  generasi milineal yang kreatif berwawasan luas, dan memiliki  jiwa Nasionalisme, maka  Dinas Pendidikan mencoba untuk mengali, mengembangkan semua kreatifitas siswa dalam bentuk digital yaitu tentang “ LOMBA VIDEO INSPIRASI” untuk tingkat, SMA/SMK/ SMA LB/ PAKET C,  dengan ketentuan lomba sebagai berikut:

Untuk itu bagi yang berminat anak-anaku, untuk segera mengikuti perlombaan dengan ketentuan sesuai yang telah dijelaskan diatas, baik tentang persyartan, waktu pengumpulan karya terbaiknya berupa video, maupun waktu pengumpulan hasil karyanya, sesuai ungkapan bijak mengatakan: “Tidak akan pernah merugi orang yang berani mencoba,  tidak penting berapa kali kamu gagal dalam sebuah perjalanan hidup termasuk mengikuti lomba ini, tapi yang lebih penting adalah kita harus mau bangkit  dari setiap kegagalan hidup dan berani mencoba.”Form Miswan.

Salah satu hal yang tidak kalah penting dalam memperinati hari pendidikan Nasional adalah bagaimana perjuangan kepala Sekolah, para guru dan seluruh tenaga pendidik dalam mencerdaskan siswanya, karena kebanggaan guru bukan saja mereka akan sukses di masa depannya, sehingga memilik apa yang  di cita-cita, tapi kebanggaan guru adalah ketika siswa memiliki pribadi yang selalu bersyukur dan  memilih akhlak yang baik kepadanya.

Kata motivasi:

  • Generasi berkarakter Pancasila harus menempuh pendidikan yang berdasar pada kebudayaan. Selamat Hari Pendidikan Nasional.
  • Pendidikan bukan sekadar memberikan pengetahuan, tetapi juga mengasah afeksi moral sehingga menghasilkan karya bagi kepentingan umat manusia. Selamat Hari Pendidikan Nasional.
  • Menjadi seorang guru artinya menjadi seseorang yang siap mendewasakan diri bersama murid-muridnya. Selamat Hari Pendidikan Nasional.

 

About Miswan M.Ag, M.Kom

One comment

  1. Ada 7 karakteristik generasi milenial yang unik.

    SEMOGA KITA TAK KALAH OLEH MURID

    MEREKA LUAR BIASA— KITA HARUS LBH LAGI—-

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta