PELAKSANAAN SANLAT HARI KE DUA DI SMKN 22 JAKARTA

Sebelum acara sanlat dan tadarus Al-Quran dimulai  pembina Rohis yaitu bapak miswan, M.Pd memberikan informasi, intinya dari pengumuman itu adalah untuk  membacakan doa bagai kakak dari ibu Lilik kurniati, M.Pd, yang Bernama: Siti Faizah,    yang saat ini  beliau sedang sakit yang di Rawat di Rumah Sakit Hernina Jatinegara,  semoga kakaknya ibu lilik cepat diangkat penyakitnya oleh Allah SWT. Amiin Ya robbal ‘alamiin.

Hari selasa, 26 April 2021 adalah hari kedua kegiatan sanlat Ramadhan di SMKN 22 Jakarta, kegiatan sanlat ini diawali dengan kegiatan Registrasi peserta sanlat dan penampilan Tim hadroh SMKN 22 Jakarta, yang dimulai dari  jam 06.15–06.30,  yang  menjadi pemimpin hadroh adalah sdr. Abdurrohman Maulan Dswilat ( X BDP 1) dan Sdri. Muhammad Latif (OTKP2). Tepat pada pukul: 06.30 adalah pembacaan Asmaul Husna, dan dilanjutkan dengan pengajian  tadarus Al-Quran yang dipimpin oleh Muhammad Latif dan  Abdurrohman Maulan,  turut hadir dalam pengajian selasa pagi yang di adakah di Masjid SMKN 22 Jakarta ini adalah Wakasek Humas, Ibu. Ida Laitus Sa’adah,   Guru Pendidikan Agama  Islam, bapak Miswan, M.Pd, ibu. Irmayanti, S.Pd.I,  dibantu oleh Guru Bimbingan dan Penyeluhan (BP),  yaitu: Ibu. Dra. Masriyah, Ibu.  Asih Wulan Sari, S. Psi,  Ibu. Tutut Dianvitasandy, S. Psi, dan Bapak.  Imam Edi Guntoro, M. Pd.

Acara sanlat Ramadhan  telah dimulai pukul: 07.00 – 07.15, di awali dengan  pembukaan MC yang dipandu oleh Andri  Ghifari  Royputra ( X TKJ 3) dengan Mutiara Eka Zahra ( X AKL2 ),  dilanjutkan dengan pembacaan Tilawah dan Saritilawah (Abdurrohman Maulan dan Nisrina  Zulhamrizal (X AK2),  setelah itu melaksanakan sholat dhuha, doa  dan kultum,  yang memimpin kultum adalah Fadiyah  Habibah Sopiyan (X OTKP 2),  semua pelaksanaan sanlat ini di dominasi oleh siswa, sebagaimana pesan dari kepsek SMKN 22 Jakarta, bapak Drs. Deni Triwardana, bahwa sanlat tahun 2022,  kita didik generasi qurani yang memiliki kemandirian diri dengan melatih diri dalam bentuk organisasi seperti rohis ini, sehingga pelaksanaan kegiatan sanlat ini dari siswa dan untuk siswa. “Ujar kepsek SMKN 22 Jakarta, pada pembukaan awal sanlat.

dalam rangka meingkatkan kemampuan dalam membaca  Al-quran, maka para siswa  saling belajar menyimak   aca Al-quran masing-masing dengan system mentor sebaya, mereka membaca al-Quran antara 2-3 ayat Al-Quran, jika temanya membaca yang lainnya menyimaknya, kegiatan ini telah di mulai pada jam:  07.50-08.05  dari  kelas X OTKP 1 dan X OTKP 2  telah dibuat menjadi 9 kelompok.

Sanlat yang ke dua ini sebagai pesertanya adalah kelas X OTKP 1 dan X OTKP 2, dengan jumah siswa yang muslim baik  laki-laki dan perempuan 70 siswa.  Kajian materi pertama  jam:  08.05 – 09.40 WIB yang dipandu oleh bapak. Burhanuddin, M.Ag., adalah kajian Fiqih,  materinya dengan sebelumnya  sama yaitu tentang Wudhu menurut 4 Mazhab, dan masing-masing  kelompok harus  presentasi ke depan dengan durasi yang diberikan hanya.5 menit, dilanjutkan  dengan materi kedua tentang: Pemuda Gaul siapa Takut, tentang pengertian galau,  penyebab galau, dan cara mengatasi galaunya, penyajian materi dikemas berdasarkan pendekatan IT dengan mengkolaborasi pembelajaran dengan menggunakan menti.com seperti gambar berikut ini:

Agar  peserta didik  milenial ini bisa lebih interaktif lagi maka   pemateri memberikan permainan dengan mengacak nama-nama peserta sanlat dengan media computer secara online,  yang saat ini narsum menggunakan wheelofname, berikut  ini adalah hasil  permainannya yang menggunakan:  Wheelofname,

lagu tombohati yang dinyayikan oleh opick, adalah sebagai jawaban cara mengatasi kegaulaun, yang isinya adalah :

terakhir siswa sanlat diberikan quiz dan Doorpress bagi siswa yang mampu menjawab soal yang diberikan narsum,   di akhir materi siswa sanlat diberikan muhasabah / doa.

Gambar Pemateri sedang memberikan Reword (hadiah) bagi siswa yang aktif menjawab pertanyaan yagn diajukan.

Dilanjutkan pelaksanan sholat dzuhur berjamaah,  yang di awali berkumandang adzan yang suaranya kaya Adzan Upin ipin yang di MNCTV  dibawakan oleh abdurrohman maulan ( X BDP1),  pelaksanaan sholat jamaah pimpin oleh Bapak. Miswan,  dilanjutkan kultum oleh  Nadia Salsabila Safwah  (X AKL1),  selajutnya setiap siswa wajib mengisi  registrasi pulang.

Disamping sanlat anak rohis juga dibimbing untuk  belajar manjadi pantia zakat, utuk hari selasa, 26 April 2022, sebagai petugas Zakat, Anggita Nauli Kinantan (X AKL2), dengan Fadhiah Habibah sofiyan ( X OTKP 2), penerimaan Zakat untuk hari selasa ini berjumlah Rp. 1. 240. 000 ( Satu juta dua ratus empat puluh ribu rupiah) yang hari pertama Rp. 500.000. ( lima ratus ribu rupiah).

Suksesnya acara sanlat ini berkat Kerjasama dari seluruh pihak bagi GPAI dan Guru BP dan Rohis dan Osis.  Semoga kebersamaan ini terajut dalam bingkah ukhuwah Islamiyah.

Dokumentasi

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta