Kegiatan Supervisi Pelaksanaan Program Cybersecurity Training Mastercard Academy 2.0 di SMKN 22 Jakarta

Penulis: Miswan, M.Pd ( Guru SMKN 22 Jakarta)

Jakarta, Jum’at  16 September 2022, SMKN 22 Jakarta, telah mendapatkan undangan dari Infra Digital, Yang berlokasi di Jl. Tebet Timur 1c No. 11, RT.11/RW.5, Tebet Tim., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, pada Kegiatan Supervisi Pelaksanaan Program Cybersecurity Training Mastercard Academy 2.0, telah diselenggarakan oleh Yayasan Infradigital serta didukung oleh Mastercard dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Program ini didesain untuk dilakukan selama tiga tahun agar peserta juga mendapatkan sertifikasi Cybersecurity. Sebagai tujuan lebih luas, program ini adalah menghubungkan para lulusan program dengan kesempatan magang dan pekerjaan yang relevan.

Untuk menggali catatan pembelajaran dari pelaksanaan program Cybersecurity di atas, diperlukan pemantauan secara langsung melalui kegiatan Supervisi Pelaksanaan Program Training Cybersecurity dan Sertifikasi (Mastercard Academy 2.0). Kegiatan ini ditujukan kepada sekolah yang telah berpartisipasi pada program ini mulai dari tahun 2020 sampai tahun 2022 untuk mengukur kontribusi program dan memperbaiki kualitas pelaksanaan dari program Cybersecurity ke depannya.

Kegiatan pemantauan Supervisi Pelaksanaan Program Cybersecurity Training Mastercard Academy 2.0  ini telah  dilaksanakan pada: hari, Jumat, 16 September 2022, pada Pukul 10.00 WIB – Selesai, dengan nama petugasnya adalah ibu.  Syarifah Dessy. Berlokasi di ruang kepala sekolah SMKN 22 Jakarta.

Turut hadir Ibu. kepsek SMKN 22 Jakarta, Ibu. Odah Saodah, M.Pd, Kajur TKJ bapak. Adisah,M.Pd, Bapak. Jessy Abdul Rahman, S.Pd, Bapak. Achmad Riyadi, S.Si dan dua orang siswa dari jurusan TKJ

Supervisi Pelaksanaan Program Cybersecurity Training Mastercard Academy 2.0, dilaksanakan salah satu tujuannya adalah membekali generasi muda dengan keterampilan yang sesuai, seperti contoh keterampilan di bidang cyber security, untuk menjadi penggerak di pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan. Kondisi ini menjadi kesempatan yang sangat baik bagi sekolah-sekolah SMK, terutama yang SMK dengan jurusan IT untuk mempelajari keterampilan dan pengetahuan mengenai cybersecurity. Indonesia memiliki jumlah siswa SMK jurusan IT yang sangat banyak, 1.134.160 siswa.

Secara Fakta, Jurusan IT justru kontributor terbesar untuk tingkat pengangguran dari SMK, sekitar 228.554 orang. Oleh karena itu, membekali siswa-siswa ini dengan skill yang sesuai dengan kebutuhan diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran. Di bawah program besar yang dinamai Mastercard Academy 2.0, MasterCard memiliki perhatian yang sama dengan Yayasan InfraDigital untuk membekali generasi muda dengan keterampilan Cybersecurity. Bekerja bersama sebagai rekanan, dua organisasi ini akan mengadakan pelatihan cybersecurity.

Program ini didesain untuk dilakukan selama tiga tahun agar peserta juga mendapatkan sertifikasi sebagai Cybersecurity analyst. Sebagai tujuan lebih luas, program ini bertujuan untuk menghubungkan para lulusan program dengan kesempatan magang dan pekerjaan yang relevan. Untuk menggali catatan pembelajaran dari pelaksanaan program Cybersecurity di atas, diperlukan pemantauan secara langsung melalui kegiatan Supervisi Pelaksanaan Program Cybersecurity dan Sertifikasi Mastercard Academy 2.0.

Kegiatan ini ditujukan kepada sekolah yang telah berpartisipasi pada program ini mulai dari tahun 2020 sampai tahun 2022 untuk mengukur kontribusi program dan memperbaiki kualitas pelaksanaan dari program Cybersecurity ke depannya. Dan tidak kalah pentingnya maksud dan tujuan Supervisi ini adalah menggali informasi yang objektif, akurat dan valid berupa catatan pembelajaran (lesson learned) pada pelaksanaan training Cybersecurity kepada sekolah-sekolah peserta yang telah mengikuti program mulai dari tahun 2020 sampai tahun 2022. Waktu dan Tempat Kegiatan Supervisi Pelaksanaan Program Cybersecurity dan Sertifikasi Mastercard Academy 2.0 dilaksanakan selama 2 (dua) periode dari bulan September – Desember 2022. Untuk jadwal supervisi pada sekolah Bapak/Ibu SMKN 22 Jakarta akan dilaksanakan di Periode 1 (Awal) yang disesuaikan jadwal yang sudah tertera dalam daftar undangan.

Kegiatan Supervisi Pelaksanaan Program Cybersecurity dan Sertifikasi Mastercard Academy 2.0 in  dilakukan pada sekolah-sekolah yang telah dipilih berdasarkan kepesertaan pada kegiatan training. Ada 29 sekolah yang  telah dipilih diantaranya adalah sekolah SMKN 22 Jakarta.

Berikut merupakan daftar narasumber pada kegiatan Supervisi Pelaksanaan Program Cybersecurity dan Sertifikasi Mastercard Academy 2.0:

  1. Peserta Guru 2
  2. Peserta Alumni Muda 1
  3. Peserta Siswa 2
  4. PIC Sekolah/Kepala Sekolah 1 Total Per Sekolah 6

Untuk mendapatkan informasi mengenai catatan pembelajaran pelaksanaan training ini, supervisi ini menggunakan metode wawancara semi terstruktur bersama narasumber yang telah dipilih dengan menggunakan panduan instrumen yang telah disiapkan oleh Tim Monitoring dan Evaluasi.

Harapan terbesar dari kegiatan ini, agar SMKN 22 Jakarta,  yang dilakukan selama tiga tahun agar peserta juga mendapatkan sertifikasi sebagai Cybersecurity analyst. Sehingga mampu menghubungkan para lulusan program dengan kesempatan magang dan pekerjaan yang relevan.

Semoga tulisan ini dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca untuk selalu meningkatkan  kwalitas diri baik kwalitas berpikir kritis  analisys, dalam berbagai macam bidang / jurusan yang ditekuni dan juga tidak lupa memiliki akhlak yang  baik sebagai bekal untuk menyongsong keberhasilan dimasa yang akan datang.

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta