Upacara Memperingati Rapat Raksasa IKADA -SMKN 22 Jakarta

Gambar: Ibu Dra. Odah Saodah,M.Pd selalu Kepala sekolah SMKN 22 Jakarta, menjadi pembina Upacara memperingati Hari Rapat Raksasa IKADA

Jakarta, 19 September 2022,  SMKN 22 Kembali melaksanakan  upacara  bendera, “Upacara senin pagi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Rapat Raksasa IKADA di lapangan upacara SMKN 22 JKT,  dengan  petugas upacara adalah TIM Paskibra SMKN 22 JKT dibantu oleh OSIS diiringi kelompok paduan suara (kls XI BDP 2 & XII AKL 2).”Ujar Bu. Lilik Sebagai Wakasek Kesiswaan, ketika memberikan info di whatsapp Group Official SMKN 22 Jakarta.

Sebagai pembina upacara adalah dipimpin langsung oleh kepala sekolah SMKN 22 Jakarta yaitu Ibu. Dra. Odah Saodah M.Pd,  Beliau membacakan  Riwayat singkat tentang IKADA pada tanggal 19 September  1945, berikut Teksnya:

RIWAYAT SINGKAT SEJARAH PERISTIWA
RAPAT RAKSASA IKADA 19 SEPTEMBER 1945  (klik link ini)
sumber gambar: https://nasional.sindonews.com

Selain membaca teks tantang IKADA, beliau menambahkan Amanah sebagai pembina upacara, beliau mengatkan:

“Nilai yang bisa kita ambil dari pelaksanan upacara IKADA ini adalah: Agar kalian bisa meningkatkan belajar dengan kesungguhan demi  meraih cita-cita, dan ibu sangat memberikan apresiasi bagi para petugas upacara yang sudah bagus dalam melaksanakan tugasnya, dan juga teriam kasih kita semua, yang sudah melaksanakan upacara IKADA dengan tertib, dan lancar, termasuk para petugas Paduan suara yang sudah menyumbangkan suara emasnya, ibu sangat senang.”Kata Beliau.

“Harapan kedepan marilah kita selalu berlomba-lomba dalam kebaikan, semakin baik untuk meningkatkan kebaikan khususnya dalam melaksanakan upacara,  saya ucapkan terima kasih kepada semua guru dan staf termasuk bagi caraka, yang telah terlibat dalam aktifitas pada upacara hari ini di SMKN 22 Jakarta. Kita berharap kedepan SMKN 22 Jakarta harus mampu menunjukan prestasi, kedisiplinan, dan memiliki akhlak yang baik, “Ujar kepsek SMKN 22 Jakarta.

Hadirnya juga seluruh jajaran wakil dan para guru serta Mahasiswa yang melaksanakan praktim mengajar dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) , upacara senin bagi dimulai pada pukul; 06.30 WIB.

Terlihat semua siswa dapat mengikuti upacara dengan tertib dan lancar.Para pembina osis juga telah membantu proses terlaksananya kegiatan upacara pagi ini.

Untuk lebih memahami tentang IKADA mari sama-sama kita bahas sedikit tentang historis dari ikada tersebut!

Apa makna dari rapat raksasa di lapangan IKADA ?

Dikutip dari Wikipedia, diambil pada tanggal 19 September 2022, adalah

  1. Rapat tersebut berhasil mempertemukan pemerintah Republik Indonesia dengan rakyatnya.
  2. Rapat tersebut merupakan perwujudan kewibawaan pemerintah Republik Indonesia terhadap rakyat.
  3. Menanamkan kepercayaan diri bahwa rakyat Indonesia mampu mengubah nasib dengan kekuatan sendiri.
  4. Rakyat mendukung pemerintah yang baru terbentuk. Buktinya, setiap instruksi pimpinan mereka laksanakan.

rapat raksasa di Lapangan Ikada antara lain sebagai berikut: Rapat tersebut berhasil mempertemukan pemerintah Republik Indonesia dengan rakyatnya. Rapat tersebut merupakan perwujudan kewibawaan pemerintah Republik Indonesia terhadap rakyat.

Kenapa kita melaksanakan upacara IKADA hari ini ?

Dikuti dari   Kominfotik Ju, mengatakan bahwa” Upacara peringatan Hari Rapat Raksasa IKADA hanya dilaksanakan di DKI Jakarta untuk mengenang peristiwa bersejarah dimana ribuan masyarakat yang dipelopori para pemuda dari berbagai daerah berkumpul di lapangan IKADA pada 19 September 1945 untuk mendukung kemerdekaan RI.

Berkumpulnya masyarakat di lapangan IKADA yang kini dinamakan Monas juga untuk mendengarkan pidato dari Presiden pertama RI, Soekarno. Berbagai komponen pemuda menyatukan kekuatannya dan menanamkan kepercayaan diri bahwa rakyat Indonesia mampu mengubah nasib dengan kekuatannya sendiri.

“Gelorakan semangat juang untuk mengisi kemerdekaan dari generasi ke generasi. Apalagi di era digital yang penuh tantangan dan persaingan ini membutuhkan semangat perjuangan untuk kehidupan bangsa yang lebih baik,”

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta