PELAKSANAAN PAT SEMETER GENAP DI SMKN 22 JAKARTA

Gambar: Proses Pelaksanaan PAT di SMKN 22 Jakarta tahun pelajaran 2021/2022

Jakarta, 31 Mei 2022, Sehubungan telah berakhirnya kegiatan akademik pada Semester  Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 dan pelaksanaan PPDB, maka SMKN 22 Jakarta, akan melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT)  Semester Genap dimulai dari  31 Mei s.d. 7 Juni 2022.  Menurut salah satu panita PAT menjelaskan, jumlah total ruangan yang di gunakan ada 18 ruangan, ada 2 ruangan cadangan jika gawai siswa yang bermasalah, dan jumlah siswa yang mengikuti kegiatan PAT baik dari kelas X dan kelas XI berjumlah 508 siswa.  Sebagai koordinator panitia adalah Ibu. Herni Setyawati,M.Pd, sedangkan ketua panitia pelaksanaan kegiatan PAT adalah Ibu. Dra. Windiarti, M.Pd,  dan sekretaris Linda Puspitasari, M.Pd untuk kelas XI dan Juanita Agustina Renaldy, S.Pd untuk kelas XI.

Gambar: Perwakilan panitia yang siap mensukseskan PAT tahun ini, dengan wajah yang selalu tersenyum penuh semangat, selamat menjalankan tugas  kepada proktor,  tim IT dan para pengawas. Semoga ujian PAT sukses, tertib dan lancar. Amiin ya robbal ‘alamiin.

Berikut adalah daftar nama-nama  panitia PAT Semester Genap berikut  ini:

Panitia telampir

panitia pelaksanaan penilaina

Menurut salah satu panitia pelaksanaan kegiatan PAT, Ibu Linda Puspitasari, M.Pd, sekaligus beliau adalah sebagai sekretaris, ketika ditanya tentang kesan dan pesan  melalui chat “WA” , beliau mengatakan:

Kesan : “PAT ini berlangsung lancar sesuai jadwal berkat kerja sama panitia, proktor, dan tim IT. Akan tetapi, tetap ada beberapa permasalahan yang muncul seperti masalah jaringan dan gawai peserta didik.”

Pesan : Semoga PAT tetap berlangsung lancar sampai hari terakhir. Peserta didik bisa mendapatkan nilai maksimal di tiap mata pelajaran yang diujikan.

Pelaksanaan PAT untuk kali ini menggunakan aplikasi Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle). Artinya, platform ini dikhususkan untuk membuat lingkungan belajar online yang dinamis. Moodle adalah platform bersifat web-based yang biasa digunakan untuk keperluan e-learning. Platform ini bersifat open source dan bisa digunakan secara gratis. Dengan demikian, bisa menjadi solusi cara belajar mengajar yang murah tapi tetap efektif.

Sebagai penggas diterapkan aplikasi moodle di SMKN 22 Jakarta ini adalah bapak. Deni Triwardana, beliau adalah kepala sekolah SMKN 22 Jakarta saat ini,  di bantu oleh TIM ICT yang handal beliau adalah bapak M. Awaludin, S.Kom. sekaligus saat ini menjabat sebagai Penjab Sarpras pada saat Ujian, bapak Achmad Riyadi, S.Si. Bapak. Adisa, M.Kom, dan bapak Jessy Abdul Rahman, S.Pd.

Kelebihan Moodle yang Wajib Anda Ketahui

Sedikit penulis jelaskan tentang keunggulan moodle yang menjadikannya platform pembelajaran yang layak digunakan. Berikut di antaranya:

  1. Gratis, Anda bisa mendownload software Moodle tanpa harus membayar lisensi khusus. Tidak hanya itu, Anda bisa menggunakan dan mengembangkannya sendiri sesuai kemampuan Anda.
  1. Mudah Digunakan. Siapapun bisa menggunakan Moodle tanpa perlu mempelajarinya lama. Baik sebagai pengajar, administrator atau murid.
  1. Fleksibel. Platform ini mendukung semua skala pembelajaran. Mulai dari kelas kecil berisi beberapa orang, hingga portal pembelajaran untuk ribuan orang seperti di perusahaan dan sekolah.
  1. Aman. Update yang secara rutin dilakukan bertujuan untuk menjamin keamanan pengguna. Baik dari kehilangan data materi pembelajaran maupun pencegahan pencurian data pribadi saat mengakses sistem.
  1. Terintegrasi. Platform ini memiliki fitur external collaborative tools
  1. Dapat Dikustomisasi. Platform ini memang diciptakan untuk semua kalangan. Maka, untuk mendukung tujuan tersebut, Moodle sengaja dibuat agar mudah dikustomisasi.
  1. Mendukung Plugin. Tak kurang dari 1677 plugin tersedia di direktori plugin Moodle. Baik untuk kebutuhan administrasi, penilaian, komunikasi dan lainnya.
  1. Mobile Friendly. Pengembangan Moodle tak pernah berhenti. Salah satunya, dengan menjadikan platform ini mobile friendly. Hal ini tentu akan memudahkan dalam mengakses materi belajar kapan saja, di mana saja.
  1. Mendukung Berbagai Bahasa. Moodle memiliki komunitas yang aktif dari seluruh dunia. Meskipun belum mendukung bahasa Indonesia secara penuh, Moodle sudah mendukung banyak bahasa di dunia. Inilah yang membuat penggunaan Moodle menjadi semakin mudah dan penggunanya meningkat

Demikian penjelasan  mengapa saat ini SMKN 22 Jakarta menggunakan Aplikasi Moodle, karena memiliki banyak kelebihan dalam pemanfaatannya, sekaligus pengawas, kepsek dan wakasek bisa mengecek siapa saja guru dan siswa yang aktif menggunakan LMS Moodle ini, dan kapan mereka terakhir mengupdatenya. bahkan LMS Moodle ini, akan dijadikan projek pengembangan bagi sekolah lain, yang bekerjasama dengan MGMP TKJ dan MGMP Simdig. Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas founder LMS di SMKN 22 Jakarta, bapak Drs. Deni Triwardana, dan bapak M. Awaludin, S.Kom berserta TIM IT yang kompak,  semoga menjadi amal jariah disisiNya.

Agar kegiatan PAT untuk tahun pelajaran 2021/2022 dapat berjalan dengan lancar maka berdasarkan surat edaran sekolah nomor:  267/-1.851.11 tentang Persiapan Kegiatan Akademik, maka  kepada Bapak dan Ibu Guru SMKN 22 Jakarta dimohon:

  1. Membuat perangkat penilaian yang terdiri dari kisi-kisi, kartu soal dan soal Penilaian Tengah dan Akhir Semester sesuai alokasi waktu mata pelajaran  yang diujikan.
  2. Bentuk soal Pilihan Ganda, jumlah soal disesuaikan dengan waktu yang
  3. Soal dikumpulkan dalam soft dan hardcopy kepada Sekretaris/ Tim Pelaksanan Ujian terakhir 25 Mei 2022.
  4. Upload nilai terakhir ke erapor pada hari Kamis, 9 Juni 2022.
  5. Rapat Dinas Akhir Semester Ganjil pada hari Jum’at, 10 Juni 2022.
  6. Pembagian hasil capaian belajar Semester Ganjil, pada hari Jum’at, 24 Juni 2022.
  7. Libur semester ganjil pada tanggal 25 Juni s.d. 10 Juli 2022.
  8. Permulaan awal semester genap pada tanggal 11 Juli 2022.

Berikut adalah Jadwal kegiatan PAT di SMKN 22 Jakarta

Terlampir

jadwal kegiatan pat

Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/202

Berikut adalah jadwal PAT untuk kelas X

Jadwal PAT kls X

Berikut adalah jadwal PAT untuk kelas XI

Jadwal PAT ksl XI

hari pertama Ujian PAT dapat berjalan dengan lancar walau ada terkendala dari jaringan dan h untuk memaksimalkan pelaksanaan pelaksanaan PAT maka telah terbentuk kepanitian PAT sebagai berikut:

Demikianlah laporan kegiatan PAT tahun ajaran 2021/2022 yang bisa penulis sampaikan, semoga tulisan  ini dapat memberikan informasi, peningkatan mutu dan bahan evaluasi  bagi SMKN 22 Jakarta, agar kedepan bisa lebih baik lagi.

Dokumentasi  siswa kelas X dan XI yang melaksanakan PAT tahun ajaran 2021/2022

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta