Pelaksanaan Simulasi ANBK di SMKN 22 Jakarta

Gambar: Siswa sedang mengikuti kegiatan Simulasi ANBK di salah satu LAB SMKN 22 Jakarta

Penulis: Miswan, M.Pd ( Guru SMKN 22 Jakarta)

SMKN 22 Jakarta, telah melaksanaan Gladi Bersih ANBK yang dilaksanakan selama 2 hari, dimulai dari hari senin sampai dengan hari selasa, tanggal:  21-22 Agustus 2022, Waktu pelaksanaan ANBK pukul 07.30 – 09.30 WIB, menggunakan 3 LAB TKJ, LAB MP dan LAB AKL dan  diikuti oleh 50 peserta didik, yang terdiri dari 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan.

Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang ANBK, apakah yang dimaksudnya dari ANBK, bagaimana Pelaksanaan simulasi ANBK di SMKN 22 Jakarta,  serta apa pula tujuan diadakan ANBK,  maka simaklah berita beritu ini.

Arti ANBK ?

ANBK adalah Asesmen Nasional Berbasis Komputer, Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah.

Salah satu yang menyebabkan mutu pendidikan tidak mengalami peningkatan secara merata adalah kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan nasional menggunakan pendidikan education production fungtion atau input-output analysis yang tidak dilaksanakan secara konsekuen.

Ada pun Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah sebuah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama yaitu yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Bagaimana pelaksanaan Simulasi ANBK Di SMKN 22 Jakarta?

Menurut salah satu panitia dari ANBK, bapak Ahmad Riyadi, S.Si, mengatakan:”Pelaksanaan kegiatan ANBK yang menjadi penanggung jawab di 3 ruangan LAB adalah Ibu Dra. Odah Saodah, M.Pd, selaku Kepala Sekolah  SMKN 22 Jakarta.”Ujar beliau.

Untuk Ruang LAB 01 yang bertindak sebagai protornya adalah: Bapak Achmad Riyadi, S.Si,  pengawas, bapak. Taufan Himawan, S,Pd, yang seharusnya hadir ikut ujian berjumlah: 15 siswa dan tidak hadir 1 orang siswa namun sudah digantikan A.N Hafizh Faqih Menggantikan Kevin Djuan Hityahubessy. Alhamdulillah semua dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Untuk Ruang LAB 02 yang bertindak sebagai protornya adalah: Bapak Vico Devinto Nugroho, S.Kom,  pengawas, Ibu. Resti Meuthia,S.Pd, yang seharusnya hadir ikut ujian berjumlah: 15 siswa dan tidak hadir 2 orang siswa namun sudah digantikan A.N Emilia Nur Cahyanti Dan Nadila Azzhara Menggantikan Allya Nurlaila Dan Berlian Sardina Jonawati Nahampun, jadi untuk ruang LAB.02 dapat berlangsung dengan tertib dan lancar.

Untuk Ruang LAB 03 yang bertindak sebagai protornya adalah: Bapak Ade Budi Santoso, S.Pd,  pengawas, Ibu. Sri Avilan, MM, yang seharusnya hadir ikut ujian berjumlah: 15 siswa dan tidak hadir 2 orang siswa namun sudah digantikan a.n Zulhamlizar menggantikan krisna adi prasetyo dan tatia anggraini, jadi untuk ruang LAB.03 dapat berlangsung dengan tertib dan lancar cadangan a.n raka ferdiansyah dan nisrina

Alhamdulillah semua dapat  berjalan dengan lancar, SMKN 22 Jakarta siap melaksanakan ANBK. yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus s.d 1 September 2022.  Semoga SMKN 22 Jakarta mendapatkan hasil yang terbaik. Amiin Yra.

Apasih Tujuan diadakan ANBK?

Adapun tujuan didakananya ANBK Melansir dari laman resmi Kemendagri berikut tujuan dari ANBK, yaitu:

  1. Menganalisa Karakter

Tujuan ANBK yang pertama adalah memaksimalkan analisa karakter peserta didik. Melalui ANBK, dapat dianalisa pula hasil belajar social-emosional masing-masing peserta. Analisa karakter peserta diukur dari beberapa aspek profil belajar pancasila.

  1. Meningkatkan Kemampuan Literasi

Tujuan ANBK selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan literasi bagi peserta. Melalui ANBK, dapat diukur sejauh mana kemampuan literasi membaca setiap peserta. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing peserta.

  1. Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar

Tak hanya dapat meningkatkan kemampuan literasi, tujuan ANBK lainnya adalah meningkatkan kualitas belajar mengajar. Adanya ANBK, dapat mengetahui perbaikan kualitas belajar-mengajar yang mana yang perlu ditingkatkan lagi. Apabila proses belajar mengajar berjalan dengan baik tentunya hasil belajar murid juga akan maksimal.

  1. Meningkatkan Kemampuan Numerasi

Sementara itu, tujuan ANBK juga dapat meningkatkan kemampuan numerasi. Melalui ANBK, dapat diukur kemampuan numerasi setiap peserta. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan numerasi masing-masing peserta.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi  warga SMKN 22 Jakarta, umumnya bagi dunia Pendidikan di Indonesia.

SMK, “ Bisa”, SMKN 22 Jakarta, “Luar Biasa”, Prestasi , “Yes”

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta