PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH (US) PERTAMA DI SMKN 22 Jakarta Tahun 2022

Hari pertama ujian telah dilaksanaka pada  hari senin, 14 Maret 2022, pukul. 07.00 s.d 11.30 WIB, dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Bahasa Indonesia, sebelum pelaksanakan US, kepala Sekolah SMKN 22 Jakarta, Drs. Deni  Triwardana, telah mengadakan rapat koordinasi pelaksanaan Ujian Sekolah (US) agar dapat berjalan dengan tertib dan lancar, yang dilaksanankan jam 06.30 s.d 06.50 WIB di Ruang Guru, Acara dipandu oleh Ibu. Lailatus Sa’adah, M.Pd selaku Wakasek bidang Humas, dibuka dengan pembacaan do’a dan dilanjutkan dengan acara sambutan-sambutan, sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Sekola SMKN 22 Jakarta, dalam sambutannya beliau mengatakan, “ Kita harus menjaga prokes yang sudah canangkan pemerintah,  lakukan sesuai dengan prosedur (SOP) yang ada, jaga Kesehatan, dalam pelaksanaan ujian setiap siswa wajib menggunakan  hanya satu  Device dengan tujuan menghindari kecurangan dalam menjawab soal, dan aplikasi kali ini yang digunakan untuk US adalah LMS Moodle, Sambutan kedua oleh  ibu Herni Setiawati, M.Pd, Selaku wakasek Kurikulum beliau menambahkan tetang teknis pelaksanaan dan administrasinya diantaranya: Denah (layout) ujian, tata tertib US, identitas siswa, teknis pengumpulan jawaban soal essay, nama-nama para petugas proktor, dan juga kiat mengantisipasi jika siswa mengalama trauble dalam pelaksanaan US dan  lain-lain.

Menurut ketua panitia Ujian Sekolah:  Ibu Linda Puspitas Sari, M.Pd, bahwa Pelaksanaan  Ujian Sekolah (US) menggunakan 19 ruangan dan 2 ruang cadangan yaitu LAB OTKP dan LAB TKJ,   kegiatan hari pertama ini sukses berjalan dengan lancar,  karena kompakan para panitia dan kejelasan dalam jobdisciptionnya dan telah dibantu oleh  26 panitia secara keseluruhan,  pelaksanan US di SMKN 22 Jakarta dilaksanakan mulai tanggal 14 – 18 maret 2022.

Sebuah kehormatan besar bagi SMKN 22 Jakarta, telah dimonitoring oleh Kasatlak Kecamatan Pasar Rebo, pada hari pertama US yaitu  hari senin, 14 Maret 2022, hadirpada pukul: 08.00 WIB, yang bernama:  bapak. Maju Lumban Tobing  beliaupun melakukan monitoring  semi suksesnya Ujian Sekolah walau kondisi masih pandemi, hadir juga Ibu. Dr. Hj. A Eriyatun Koswara, M. Pd sebagai Pengawas SMK Sudin Dinas Pendidikan Jakarta Pusat, beliau sampai memonitoring  ke ruang kelas-kelas baik yang dilantai bawah dan lantai atas  dan juga  ruang LAB,  dan terpancar dalam wajahnya sangat senang melihat melihat secara real pelaksanaan US di SMKN 22 Jakarta, terlihat sangat tertib, dan rapi. Setelah dari ruangan 1 dan 2, beliau menuju ruang LAB  OTKP, beliaupun berujar,” Inilah sekolah yang bisa di contoh jika kita mengerjakan sesuatu dengan niat ibadah, insya Allah semua akan beres, rapi dan tertib, apalagi dipimpin oleh kepsek seperti bapak Drs. Deni Triwardana, yang mengedepankan taudalan (uswah).  Hadir pula bapak

Pada detik terakhir  pelaksanaan US PAI ada sedikit trabel dalam jaringan internetnya, sehingga ada berapa  siswa yang mengalama kendala jaringan,  maka alhamdulillah dengan kesiapan  panitia, para proctor dan Tim IT SMKN 22 Jakarta, semua bisa teratasi dengan baik dan cepat.

Jam pertam US PAI sudah berakhir pada pukul: 09.00 WIB, semua berkas hasil ulangan khususnya soal, absensi dan  essay dikumpulkan ke ruang panitia, ada jedah waktu 30 menit untuk beristirahat, dilanjutkan jam kedua, yaitu  pelajaran Bahasa Indonesia dari pukul : 09.30- 11.30 WIB. Pada jam kedua ini semua sudah terkondisikan dengan  baik.

Alhamdulillah hari pertama dua pelajaran sudah berjalan dengan baik, semoga hari-hari selanjutkan sampai tanggal 18 Maret  2022, pelaksananan  Ujian US, dapat berjalan dengan tertib. Amiin YRA.

Semoga semua panitia yang terlibat tetap mendapat perlindunga dari Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, Amiin ya Robbal ‘alamiin,

lampiran:

(1) Lampiran panitia Download

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta