PENTINGNYA UPACARA BENDERA DI SMKN 22 JAKARTA

Penulis; Miswan, M.Pd ( Guru SMKN 22 Jakarta )

Jakarta, 18 Juli 2022, SMKN 22 Jakarta, sudah mengadakan Upacara Bendera hari pertama yang telah dihadiri oleh seluruh siswa dari kelas X, XI dan kelas XII, pelaksanaan Upacara Bendera dapat berjalan dengan tertib dan lancar, sebagai petugasnya adalah  dari anak Osis SMKN 22 Jakarta, dan yang bertindak sebagai pembina Upacara adalah dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMKN 22 Jakarta, yaitu: Ibu. Dra. Oda Saodah,M.Pd.

Perlu pembaca ketahui bahwa upacara bendera hari ini, adalah upacara yang penuh dengan kegembiraan, kenapa demikian ? karena Ibu. Dra. Oda Saodah,M.Pd. dalam sambutanya telah memberikan apresiasi bagi siswa yang telah mengikuti kegiatan Lomba Keterampilan Siswa ( LKS) tingkat DKI Jakarta untuk jurusan TKJ.

Dalam ungkapannya beliau mengatakan:

“Alhamdulillah berkat doa dari bapak dan ibu guru serta  ikhtiar yang masimal bagai siswa/I yang mengikuti LKS yang dibimbing oleh TIM IT SMKN 22 Jakarta, maka siswa  SMKN 22 Jakarta, telah meraih juara yaitu sebagai berikut:

Juara 1: Gilang Putra Nurdianto, Kelas XI TKJ 2, untuk jenis mata lomba Teknologi Informasi Sistem Administrasi Jaringan (IT Network System  Administration), dengan guru pendamping: Fernandez Eko N. S., S.Pd.

Juara3: Ahmad Taufik dan Arief Widhoseno Gilang Ramadhan, kelas XII KTJ 1, untuk jenis mata lomba Teknologi Keamanan Siber (Cyber Security), dengan guru pendampingnya adalah Jessy Abdul Rahman, S.Pd.

Juara 3 : Andri Ghifari Royputra, Kelas XI TKJ3, untuk jenis mata lomba Komputasi Awan (Cloud Computing), dengan guru pendampingnya adalah Ahmad Riyadi, S.Si,” Ujar Kepsek dengan rasa bangganya.

“Saya memohon  doa dan dukungan bapak/ibu guru serta pendamping dari TIM IT SMKN 22 Jakarta, bahwa anak kita  akan berjuang mengikuti lomba tingkat Nasional atas nama Gilang Putra Nurdianto  Kelas XI TKJ 2, semoga bisa Sukses dan bisa mengikuti jejak kakak kelasnya yang sudah mendapatkan Emas dilomba LKS tersebut, “ Kata Ibu.Kepsek dengan penuh optimisnya.

Beliau memberikan memberikan apresisasi dengan memanggil siswa yang telah mengharumkan nama SMKN 22 Jakarta.

terlihat para dewan guru yang sedang mengikuti upacara bendera dengan penuh semangat.

Dokumentasi  para peserta upacara.

Sedikit penyegaran saja, apa manfaat kita melaksankan upacara setiap hari senin? Dan apa dasar hukumnya? untuk menjawab pertanyaan tersebut, lanjutkan tulisan ini sampai selesai. Perlu sama-sama kita ketahui bahwa kegiatan upacara bendera adalah kegiatan penting yang dilakukan di Sekolah, umumnya kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin, bukan hanya seremoni saja, namun pada kenyataanya terkadang banyak siswa yang mengikuti upacara bendera, akan tetapi  belum mengetahui makna dari upacara bendera ini.

Sabahat para pembaca, menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan: Salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Dengan begitu, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.

Upacara bendera bukanlah kegiatan yang sekedar berdiri beberapa menit saja, dalam pelaksanaannya bermakna bahwa Indonesia adalah Negara yang telah merdeka. Buah dari jasa para pahlawan yang berjuang hingga titik darah penghabisan bahkan terusir dari ibu pertiwi yang kita cintai. Pernahkah hati kalian terenyuh, bergetar penuh haru saat bendera merah putih dikibarkan dengan gagahnya? Diiringi dengan menyanyikan lagu-lagu nasional yang jika dihayati maka akan menyadari sejarahnya. Mengenang jasa para pahlawan tanah air yang telah gugur serta mendoakannya, semua dilakukan dengan sangat khidmat. Saat itulah jiwa patriotisme kalian tertanam.

Tidak lupa bertanya pada diri sendiri, sudahkah menjadi pribadi yang tertib? Mampukah menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana? Dan banyak lagi sikap positif yang dapat dicontoh dari seorang Pahlawan Indonesia.

Pelaksanaan upacara bendera juga merupakan salah satu cara mewujudkan pelajar yang berkarakter Pancasila.  Sebagaimana gambar berikut ini:

Demikianlah gambaran yang bisa penulis sampaikan tentang berita hari ini ditambah dengan esensi upacara yang setiap hari senin selalu kita lakukan.

Semoga dengan tulisan ini semakin banyak siswa yang mengetahui makna dari kegiatan upacara bendera serta semakin bersemangat dalam melaksanakannya tentu dengan kesadaran dan manfaat yang terkadung didalam pelaksanaan upacara bendera.

Kata Motivasi untuk selalu Belajar

“Masa depan memang tak pasti, tapi kalo kita belajar dengan bekerja keras, kita akan sukses.” – Mario Teguh

“Jangan malas untuk belajar karena ilmu adalah harta yang bisa kita bawa ke mana pun tanpa membebani kita.”

“Ubahlah hidupmu hari ini. Jangan bermain-main dengan masa depanmu, lakukan sekarang, jangan menunda.” – Simone de Beauvoir

“Barangsiapa tidak mau merasakan pahitnya belajar, ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya.” – Imam Syafi’i

Marilah kita wujudkan:

SATU VISI, SATU HATI BERSAMA MERAIH PRESTASI.

SMK, “Bisa”, SMK, “Luar biasa”, dan Prestasi ” YES”.

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta