PKL SMK NEGERI 22 JAKARTA Tahun 2021- 2022

SISWA CLASS ALFA MART / KELAS INDUSTRI SMKN 22 Jakarta

Oleh : Wakasek Bidang Humas ( Ibu. lailatus Sa’adah, M.Pd)

PKL adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri (DUDI) yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai jurusannya. Atau PKL adalah implementasi sistem pendidikan sekolah dengan praktik kerja.

Dalam prakteknya, siswa siswi yang terlibat dalam kegiatan PKL di suatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun di dunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya dan sudah mendapatkan bekal terlebih dahulu dari pembimbingnya di sekolah.

Pelaksanaan kegiatan  PKL bagi perserta didik di SMKN 22 Jakarta diwajibkan bagi kelas XI disemua jurusan,  SMKN 22 Jakarta  memiliki 4 jurusan keahlian yaitu: Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Akuntansi dan keuangan Lembaga (AKL), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) dan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP).

kegiatan PKL ini dilaksanakan selama 3 bulan  sesuai  program sekolah masing–masing, dan untuk siswa kelas industry kegiatan PKL dilaksanakan selama 6 bulan. dalam kegiatan PKL  akan di  dampingi oleh Bapak dan Ibu guru pembimbing sesuai tugasnya masing–masing.

Semoga dengan kegiatan PKL peserta didik dapat menerima pengalaman dari segi skiil ,keterampilan dan penerapan budaya kerja di tepat industry masing – masing .

A. Manfaat Bagi peserta didik

  1. Melatih dalam komunikasi.Saat PKL, secara mau tidak mau siswa akan menemui banyak orang asing dan hal ini yang dapat melatih mereka dalam bersosial dan komunikasi.
  2. Adanya wawasan baru yang tidak diajarkan oleh sekolah.Walaupun, mereka telah memperdalam ilmu kejuruan sebelumnya. Namun, tidak menuntut kemungkinan Du/Di memberikan ilmu baru bagi siswa yang tidak ada di sekolah sebelumnya.
  3. Menjalin kerja sama yang baik antar sekolah dan perusahaan yang terkait.Sekolah mengirim siswa untuk magang bukan hanya sekadar supaya siswa terampil. Namun, supaya siswa memberikan kontribusi tehadap perusahaan yang mereka tumpangi sehingga, terjalinnya relasi antar sekolah dan perusahaan tersebut dengan baik.
  4. Membentuk pola pikir siswa yang produktif.Siswa yang sudah terbiasa menjalankan kerja, maka pola pikir mereka akan berubah. Hal ini akan memacu mereka tambah dewasa dan rasa ingin tahu yang besar.
  5. Terbentuknya pribadi yang penuh percaya diriSiswa setelah tamat akan betul-betul memiliki keahlian profesional sebagai bekal untuk meningkatkan taraf hidupnya dimasa yang akan datang.

B.Tujuan Prakerin

Penyelenggaraan Prakerin bertujuan untuk:

  1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
  2. Memperkokoh hubungan keterkaitan dan kesepadanan (Link and Match)antara SMK dan Industri.
  3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
  4. Memberi pengakuan dan pengahargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
  5. Merupakan peryaratan untuk mengikuti ujian sekolah
  6. Siswa akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti sudah melaksanakan PKL .

Daftar Nama-nama Perusahaan yang berkerjasama dengan SMKN 22 Jakarta, Tahun Pelajaran 2021-2022.

Dokumentasi Kegiatan PKL Jurusan TKJ

TKJ

Dokumentasi Kegiatan PKL Jurusan AKL

AKL

Dokumentasi Kegiatan PKL Jurusan OTKP

OTKP

Dokumentasi Kegiatan PKL Jurusan BDP

BDP

Dokument Kelas  Indutri   Alfaria Mart 

SMKN 22 memiliki kelas Industry, siswa yang sudah menjadi siswa kelas Alfa merupakan  siswa yang sudah lulus  melalui tes dan wawancara, siswa yang di nyatakan siswa Alfa merupakan sudah menjadi  pembinaan dari Alfa,

Dokumentasi Kunjungan Industri dari Pihak Alfa Mart ke SMKN 22 Jakarta

Next Prev
  
 
   
Next Prev

 

 

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta