SMKN 22 JUARA 1 SEBANYAK 2 SISWA PADA LOMBA PENCAK SILAT CEMPAKA PUTIH

Gambar: Photo bersama dengan kepala sekolah SMKN 22 Jakarta (Ibu. Dra. Odah Saodah,M.Pd, wakil kesiswaan, guru pendamping dan 2 siswa yang telah menjadi juara 1 pada juara pencak silat

 

Sudah menjadi sebuah kegiatan rutin setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan terutama sekolah dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai, termasuk di SMKN 22 Jakarta.

Upacara Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya.

Pada hari senin , 05 September 2022  telah diselenggarakan upacara bendera di lapangan SMKN 22 Jakarta. Yang bertindak sebagai Pembina upacara kali ini adalah Bpk Ade  Santoso, S.Pd, beliau juga saat ini diamanahkan sebagai Kepala Jurusan Akuntansi. Sebagai peserta upacara adalah seluruh peserta didik kelas X , XI dan XII serta tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SMKN 22 Jakarta.

Gambar: Kepsek dan jajaran dewan guru telah mengikuti upacara hari senin pagi

Gambar: Bapak Guru telah mengikuti upacara dengan khidmat

Turut hadir pula kepala SMKN 22 Jakarta, Ibu.Dra. Odah Saodah, M.Pd, kepala Tata Usaha Bapak Tohari, jajaran wakil , dewan guru dan juga staff tata usaha.  Sedangkan yang menjadi petugas upacara adalah kelas XII AKL 1.

Gambar: Peserta upacara berjalan dengan tertib
Gambar: TIM Padus SMKN 22 Jakarta

Alhamdulillah para petugas telah manjalankan tugasnya dengan suksesnya, begitupula seluruh peserta upacara telah mengikutinya dengan tertib dan fokus mengikuti upacara senin pagi ini.

Sebelum memberikan amanatnya Bpk Ade  Santoso, S.Pd, telah memberikan apresiasi  kepada para petugas upacara karena sudah menjalankan tugasnya dengan baik.  Harapan terbesar semoga petugas upacara minggu depan bisa lebih baik lagi. Sedangkan isi amanahnya ada 4 point yang penting, yaitu:

(1) Selalu bersyukur, Jika kalian ingin sukses maka bersyukurlah kepada Allah SWT, yang telah memberikan nikmatNya, dalam wujudnya adalah pergunakan kesempatan kalian saat ini menjadi siswa, yaitu menjadi siswa yang baik dan berprestasi baik dari sisi akademik mupun non akademik, buatlah orang tua kalian senang melihat anda berprestasi.

(2) Cintai kepada orang yang memberinya berikut Mata pelajarannya, artinya  ketika guru memberikan materinya harus mendengarkan dengan baik. Saat ini apa yang disampaikan guru belum kalian pahami, nanti mungkin setelah lulus akan mengerti apa yang di ucapkannya.

(3) Bersungguh-sungguh untuk dalam belajar,  jika diberikan tugas maka kerjakanlah segera mungkin.

(4) Usaha, sehebat apapun pasti ada batasnya, agar masa depan bisa lebih baik. Karena tidak ada satupun cita-cita atau keinginan yang tercapai kecuali dengan sungguh-sungguh. Dalam mencapainya.

(5) Doa, berdoa adalah amalan yang sangat  penting,  seperti ungkapan dalam hadist Nabi, “Doa itu adalah otak nya Ibadah”, mencari ilmu termasuk ibadah, maka mulailah kalian berdoa diantanya waktu berangkat kesekolah, baru mulai belajar, dan setelah pulang sekolah, bahkan ketika mau tidur lagi,  bapak menyarankan agar bangun pagi-pagi, jangan tidur terlarut malam, sebelumnya harus  diawali sholat subuh,  jangan lupa lakukan sholat sunah sebelum subuh, karena  pahalanya adalah, “ barangsiapa yang melakukan sholat sunah subuh dua rokaat, maka pahalanya adalah lebih baik dunia dan seisinya.” Ujar bapak Ade dengan penuh semangatnya.

Dan diakhir sebagai pembina upacara maka sambutannya ditutup dengan Pantun:  (budaya local) atau budaya local di masyarakat kita yaitu:

Berangkat ke sekolah diantar paman

Paman bersiap dari semalam

Amanah telah selesai saya sampaikan

Saatnya ku akhiri dengan salam.

Akhirnya para peserta upacara telah memberikan apresiasi  atas penyampaian sebagai pembina upacara.

Di akhir acara pihak sekolah  telah memberikan pengumuman pemenang lomba silat cempaka yaitu:

JUARA 1 LOMBA PENCAK SILAT CEMPAKA PUTIH

Kompetisi ini diadakan  dalam rangka merebutkan piala Wakil Gubernur DKI Jakarta bapak Ir. H. Ahmad Riza Patria, M.BA. untuk tingkat SD, SMP SMA / sederajat, yang diselenggaran  pada tanggal 26, 27 & 28 Agustus 2022 di Gelanggang Olah Raga Ciracas.

2 Peserta didik SMKN 22 Jakarta telah berpartisipasi mengikuti kegiatan kompetisi tersebut , jumlah peserta yang mengikuti lomba  pencak silat adalah 2.334 peserta dari seluruh jenjang sedangkan dari tingkat SMA/ sederajat berjumlah sekitar 495 orang, dan alhamdulillah peserta didik dari SMK 22 mendapatkan:

  1. Juara 1: Atas nama Indri Cahayani kelas XI OTKP 1

Indri Cahayani , adalah anak ke 2 dari 3 saudara, ayahnya saat ini  sebagai supir pribadi, ibu hanya sebagai ibu rumah tangga,  walau sebagai supir indri ingin menujukan prestasi untuk kedua orang tuanya dan juga sekolah  SMKN 22 Jakarta yang dicintainya.

  1. Juara 1: Fazriani Zen kelas X MP

Fazriani Zen Fazriani Zen, telah memenangkan Lomba Pencak Silat Putri Cempaka Putih Juara 1 Kategori Tanding Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional. Fazriani, adalah anak tunggal, ayahnya saat ini  sebagai pekerja buruh, ibu hanya sebagai karyawan swasta,  namun Fazriani memiliki semangat yang tinggi untuk  menunjukan kepada kedua orang tuanya dan juga kepada almamater tercinta.

Harapan dari kedua siswa SMKN 22 Jakarta tersebut  kedepan  adalah bisa membanggakan kedua orangtua, sekolah sebagai almamaternya dan menjadi atlit yang sukses  sampai tingkat Internasional. Semoga bisa terwujud, amiin yra.

Kata Motivasi menjadi pemenang sejati

  • “Setiap tantangan adalah takdir, setiap kemenangan adalah pilihan, di setiap kekalahan selalu ada kemenangan yang menanti.”

About Miswan M.Ag, M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published.

SMK Negeri 22 Jakarta